Liga Italia

Napoli 3-2 Sampdoria: Sambut Natal di Puncak

Sabtu, 23 Desember 2017 23:11 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Napoli vs Sampdoria Copyright: © INDOSPORT
Napoli vs Sampdoria

Babak Pertama

Memulai laga dengan status pemuncak klasemen sementara, Napoli malah terus ditekan oleh Sampdoria sejak wasit meniup peluit tanda laga dimulai. Belum ada semenit, Sampdoria langsung mendapatkan tendangan bebas setelah Gianluca Caprari dilanggar oleh Elseid Hysaj.

Gaston Ramirez yang menjadi algojo tendangan bebas jauh dari kotak penalti, mampu mengeksekusi dengan baik. Dengan tembakan kaki kiri yang sangat keras mengarah ke pojok kiri atas gawang Napoli. Sampdoria membuka skor menjadi 1-0 saat laga memasuki menit ke-2.

Hanya selang 4 menit, Sampdoria kembali mendapatkan tendangan bebas yang juga dieksekusi oleh Gaston Ramirez. Namun sayang, sepakan kaki kiri hanya melayang di atas gawang Pepe Reina.

Tertinggal di menit-menit awal laga, membuat Napoli seolah-olah terbangun dari tidur. Dengan terus melakukan serangan demi serangan, Napoli akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat gol Allan. Memanfaatkan kegagalan Jose Callejon di muka gawang, Allan langsung menyambut bola muntahan tersebut dan menjadi gol pertama Napoli di laga ini dimenit ke-16.

Napoli terus melakukan serangan ke pertahanan Sampdoria yang memang cukup sering melakukan umpan-umpan pendek. Namun, saat serangan balik, Napoli melakukan kesalahan saat Hysaj melanggar Gaston Ramirez di kotak terlarang. Fabio Quagliarella sukses memanfaatkan hadiah penalti tersebut dan Sampdoria membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada menit ke-28.

Saat skor 2-1, kedua tim tampak jual beli serangan. Napoli tampak lebih ngotot mencari gol untuk menyamakan kedudukan. Akhirnya, dengan memulai serangan lewat tendangan bebas Jorginho pada menit ke-32, Dries Mertens meneruskan bola ke Lorenzo Insigne yang tanpa penjagaan di tengah kotak penalti. Insigne berhasil menceploskan bola ke gawang Sampdoria dengan tembakan kaki kanan. Kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-33.

Beberapa menit sebelum turun minum, Napoli secara tiba-tiba mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2. Lagi-lagi Dries Mertens menjadi arsitek dalam gol ini, memberikan umpan kepada Marek Hamsik yang persis berada di depan gawang. Napoli mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-41.

Sampdoria lebih banyak tertekan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Kedudukan berbalik unggul 3-2 untuk Napoli.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan kedua tim masih bergantian melakukan serangan. Meski cukup mendominasi jalannya laga, Napoli terlalu sering kedapatan offside. Pada menit ke-51, mereka memiliki peluang emas saat Mario Rui menyodorkan bola ke Lorenzo Insigne. Namun pencetak gol Napoli itu tertangkap berada di posisi offside.

© INDOSPORT
Napoli vs Sampdoria Copyright: INDOSPORTNapoli vs Sampdoria

Sampdoria dan Napoli terus melakukan serangan dari kedua sisi lapangan. Sampdoria nampaknya cukup mampu mengimbangi permainan anak-anak Napoli dengan penguasaan bola tidak terpaut jauh, Napoli 51% dan Sampdoria 49%.

Namun, kedua tim bermain cukup alot di sepanjang babak kedua. Serangan-serangan Napoli yang kebanyakan dimulai dari Mario Rui keseringan mentok di pertahanan Sampdoria. Alhasil, tim tamu malah lebih sering melakukan serangan balik dan cukup membahayakan hingga beberapa pemain lini depan Napoli kerap turun membantu pertahanan.

© INDOSPORT
Napoli vs Sampdoria Copyright: INDOSPORTNapoli vs Sampdoria

Tensi pertandingan semakin meninggi dengan kedua tim bermain lebih keras dari menit-menit sebelumnya. Wasit lebih banyak meniup peluit karena pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh kedua tim. Namun tak ada gol yang terjadi hingga laga berakhir. Kemenangan untuk Napoli dengan skor 3-2.

Susunan Pemain

Napoli: Pepe Reina; Mario Rui, Koulibaly, Albiol, Hysaj; Hamsik, Jorginho, Allan; L. Insigne, D. Mertens, Jose Callejon

Sampdoria: Viviano; Strinic, Ferrari, Silvestre, Bereszynski; Praet, Torreira, Barreto; G. Ramirez, Caprari, Quagliarella

12