Liga Indonesia

Alasan PSM Makassar Gelar TC di Bali

Selasa, 26 Desember 2017 01:30 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Agus Dwi Witono
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Robert rene alberts berjabat tangan dengan CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin usai menandatangi kontral baru. Copyright: © Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Robert rene alberts berjabat tangan dengan CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin usai menandatangi kontral baru.

Tim PSM Makassar dipastikan akan melakukan Training Camp (TC) di Bali pada awal tahun mendatang. TC tersebut akan digelar selama 10 hari, yakni pada 5 hingga 15 Januari 2018.

Ini bukan kali pertama PSM melakukan TC di Bali. Pada pramusim sebelumnya, tim Juku Eja juga sempat melakukan TC sebagai persiapan sebelum liga dimulai di Pulau Dewata.

"Kita berangkat tanggal 5 Januari, TC di Bali selama 10 hari sampai 15 Januari," ungkap Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina kepada INDOSPORT.

© Istimewa
Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina Copyright: IstimewaMedia Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina

Akan tetapi, keputusan PSM untuk melakukan TC di Bali sendiri nyatanya mendapat tentangan dari pihak suporter. 

Pihak suporter menilai bahwa masih banyak tempat di Makassar dan sekitarnya yang bisa dimanfaatkan untuk TC tim PSM. Selain irit biaya, suporter menilai jika PSM melakukan TC di sekitaran Makassar, hal itu juga bisa mendekatkan diri kepada para pecinta PSM.

Namun, anggapan tersebut dibantah oleh manajemen PSM. Mereka menilai banyak hal yang tidak bisa dilakukan di Makassar untuk menggelar TC. Selain itu, TC di Bali juga dikatakan tidak hanya sekadar untuk berlatih, namun ada beberapa hal lain yang akan dilakukan tim.

"Tidak bisa TC di Makassar, infrastruktur tidak memadai dan TC itu kan tidak hanya soal latihan, tapi banyak hal yang tidak mungkin dilakukan di Makassar," tandas Wina, sapaan akrabnya.

27