Bola Internasional

Viral! Aksi Koreo 3D Suporter Turki Sebagai Dukungan untuk Palestina

Selasa, 26 Desember 2017 20:00 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Galih Prasetyo
© Twitter/anadoluagency
Aksi koreo 3D suporter Konyaspor FC sebagai dukungan untuk Palestina. Copyright: © Twitter/anadoluagency
Aksi koreo 3D suporter Konyaspor FC sebagai dukungan untuk Palestina.

Diakuinya Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Amerika Serikat, dari yang semula bertempat di Tel Aviv, menuai banyak reaksi dan simpati dari masyarakat dunia. Tak sedikit yang mengecam ucapan Donald Trump tersebut, dan banyak yang menunjukkan dukungannya pada Palestina, tak terkecuali di sepakbola.

Dilansir dari akun Twitter, @trtworld, suporter klub Turki Konyaspor FC membentangkan koreo tiga dimensi (3D) berbentuk Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock yang berada di Yerusalem. Mereka membentangkan koreo itu saat Konyaspor FC menahan imbang Fenebahce 1-1 dalam lanjutan Liga Super Turki di Konya Büyükşehir Stadium pada Sabtu (23/12/17).

Menariknya dalam koreo tersebut, suporter tuan rumah menunjukan sosok Sultan Salahuddin al-Ayyubi yang menunggangi kuda diiringi dengan spanduk bertuliskan “Yerusalem menunggu kehadiran Salahuddin yang baru.”

Shalahuddin Al-Ayyubi atau Saladin merupakan seorang panglima perang dari Irak yang berhasil merebut kota Yerusalem dari kaum Nasradi pada awal Oktober 1187 atau setelah tiga bulan berjibaku dalam pertempuran Hattin.

Sebelumnya, bendera Palestina juga sering terpampang di liga-liga Eropa. Salah satunya adalah suporter fanatik Celtic yang hadir di Stadion Easter Road, membentangkan spanduk bernadakan pro Palestina. Saat itu, Celtic FC bertandang ke markas Hibernian, dalam laga lanjutan Liga Primer Skotlandia pekan ke-17, pada Minggu (10/12/17).

© The Sun
Suporter Celtic bentangkan banner pro Palestina. Copyright: The SunSuporter Celtic bentangkan banner pro Palestina.

Suporter Celtic menyindir keras Presiden Amerika Serikat, Donald Trump atas keputusan kontroversialnya, yang menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Jerusalem is Palestine. F*** Trump," begitulah tulisan dalam spanduk tersebut.

4.6K