Liga Inggris

Performanya Menurun, Lukaku Malah Dipuji Mourinho

Sabtu, 30 Desember 2017 11:03 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Romelu Lukaku saat setelah mecetak gol ke gawang A.F.C. Bournemouth Copyright: © INDOSPORT
Romelu Lukaku saat setelah mecetak gol ke gawang A.F.C. Bournemouth

Penampilan Romelu Lukaku bersama Manchester United saat ini memang tengah menurun. Hal itu terbukti ketika pemain berkebangsaan Belgia tersebut hanya membukukan tujuh gol dari 20 pertandingannya di Liga Primer Inggris musim ini.

Pelatih Jose Mourinho pun akhirnya angkat bicara mengenai pandangan publik yang menilai perfroma sang pemain menurun. Menurutnya, Lukaku telah memberikan kontribusi besar di lini serang Setan Merah.

Mourinho membela dengan argumennya yang mengatakan bahwa sang pemain mengalami kelelahan. Pasalnya, mantan pemain Everton tersebut tidak pernah diistirahkan sejak awal musim 2017/18 ini.

Meskipun tidak bermain produktif seperti yang diharapkan, namun Mourinho seperti enggan menempatkan Lukaku di bangku cadangan. Padahal, pelatih asal Portugal tersebut memiliki pilihan lain seperti Zlatan Ibrahimovic, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

© Man United
Jose Mourinho usai laga melawan Burnley. Copyright: Man UnitedJose Mourinho usai laga melawan Burnley.

“Dia mungkin lelah, tapi saya tak bisa mengistirahatkannya. Dia mungkin kurang beruntung di kotak penalti belakangan ini. Meski tidak langsung, dia memberikan pengaruh terhadap gol kami. Dia mungkin juga berperan saat kami kebobolan beberapa gol terakhir. Tapi itu adalah konsekuensi memainkan pemain yang butuh istirahat,” ujar Mourinho, dikutip ESPN.

Melihat kondisi ini pun Mourinho memberikan apresiasi kepada Lukaku. Mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid tersebut merasa sangat wajib mengucapkan terima kasih kepada sang pemain.

“Orang tak perlu berterima kasih kepada Lukaku. Bukan wartawan, suporter, atau para komentator. Tapi saya harus berterima kasih. Saya rasa dia sungguh luar biasa. Sebagai striker, dia tidak bisa banyak menyimpan tenaga dalam pertandingan. Tapi dia sudah bermain dalam 20 pertandingan Premier League selama 90 menit penuh. Saya harus berterima kasih,” tutupnya.

701