Liga Indonesia

Dua Stadion Ini Dipastikan Jadi Tuan Rumah Piala Presiden 2018

Rabu, 3 Januari 2018 19:49 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dua trofi Juara Piala Presiden, dipajang di atas panggung Lapangan Hargo Kuncaran. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Dua trofi Juara Piala Presiden, dipajang di atas panggung Lapangan Hargo Kuncaran.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bekerja sama dengan PSSI akan kembali menggelar Piala Presiden untuk edisi tahun 2018. Turnamen pramusim ini diikuti oleh 20 klub, dijadwalkan akan mulai bergulir pada akhir Februari 2018, dengan lima kota sebagai tuan rumahnya.

Kota-kota tersebut adalah Bali, Bandung, Malang, Surabaya, dan Makassar. Belakangan dua kota terakhir yang disebutkan, batal menjadi tuan rumah.

Penyebabnya, Stadion Gelora Bung Tomo yang akan dijadikan venue di Surabaya, kerap sulit mendapat izin. Masalah ini juga sudah dikonfirmasi oleh pihak penyelenggara, dan menunjuk Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai gantinya.

Sedangkan Makassar membatalkan niatnya jadi tuan rumah karena di waktu yang bersamaan mereka juga menggelar turnamen PSM Makassar Super Cup Asia 2018.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Direktu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTDirektu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

"Persebaya sudah lakukan komunikasi dengan kami dan mereka bisa dan sudah deal, kok. Hanya saja untuk urusan stadion (terkendala) karena Gelora Bung Tomo sulit untuk dapat perizinan. Kami sudah cari alternatif lain yakni di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo," kata Panita Pelaksana Piala Presiden, Tigorshalom Boboy mengutip dari Kumparan.

© Indosport/Teddy Rumengan
Pembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran. Copyright: Indosport/Teddy RumenganPembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran.

"Kalau untuk Makassar memang tidak jadi (tuan rumah) dan kami cari alternatifnya yang dekat dengan mereka, di Stadion Batakan milik Persiba Balikpapan," tambahnya.

"Selebihnya masih sama sesuai rencana awal. Bali, Bandung, dan Malang bisa kami pastikan mereka siap untuk jadi tuan rumah," pungkas dia.

32