Liga Indonesia

Terungkap, Faktor Utama Persebaya Merekrut Pemain Papua

Sabtu, 6 Januari 2018 20:28 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Emosi Jiwaku
Perayaan gelar juara Persebaya di Surabaya Copyright: © Emosi Jiwaku
Perayaan gelar juara Persebaya di Surabaya

Dalam rangka persiapan jelang Liga 1 2018, Persebaya Surabaya pun mendatangkan pemain anyar. Ada 5 pemain baru yang telah sukses direkrut. Semuanya pun sudah menandatangani kontrak bersama Green Force.

Dari 5 pemain paling anyar Persebaya, 4 di antaranya ternyata berasal dari Papua. Lebih tepatnya berasal dari satu tim yang sama, Persipura Jayapura. Mereka adalah Ruben Sanadi, Osvaldo Haay, Ferinando Pahabol, dan Nelson Alom.

Mereka semua tak hanya dikenal punya skill yang mumpuni. Bahkan semuanya pun pernah dan masih dipercaya berkostum Timnas Indonesia dalam berbagai kategori usia. Ini menunjukkan bahwa talenta para pemain anyar Persebaya ini memang jaminan mutu.

Tak hanya itu, salah satu faktor yang membuat manajemen Bajul Ijo memutuskan untuk mendatangkan 4 pemain Papua tersebut adalah hasil dari tes medis. Meski tidak dijelaskan secara detail, hasil tes medis ini yang meyakinkan manajemen Persebaya untuk merekrut mereka.

“Para pemain baru ini sudah menjalani tes medis dan fisik di ISMC, Kamis  dan Jum’at akhir bulan lalu. Kami benar-benar dibuat kagum dengan hasil tes tersebut. Salah satu hasil tes, yakni VO2 Max para pemain baru ini sangat menggembirakan,” papar manajer Persebaya, Chairul Basalamah seperti dinukil Emosi Jiwaku.

Sekadar info, kadar VO2 Max ini memang kerap menjadi patokan kualitas fisik seorang pemain. Ini akan menunjukkan seberapa bagus stamina pemain tersebut untuk bisa melakoni pertandingan sepanjang 90 menit atau lebih tanpa banyak kehilangan tenaga.

Selain 4 pemain Papua, Persebaya pun merekrut bek asing Otavio Dutra. Pemain asal Brasil itu sebelumnya membela Bhayangkara FC pada Liga 1 2017. Kelima pemain anyar ini telah menandangtangi kontrak bersama Green Force pada Jumat (05/01/18).

384