Bola Internasional

Lanjutkan Karier di Eropa, Kiper Timnas Thailand Gabung Klub Belgia

Kamis, 11 Januari 2018 09:17 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Pemain Thailand yang mencari peruntungan dengan berkarier di luar negaranya kini bertambah. Kawin Thamsatchanan menjadi pemain Thailand terkini yang akan merumput bersama klub Eropa. Kiper yang sebelumnya memperkuat Muangthong United itu bergabung dengan klub kasta kedua Belgia, Oud-Heverlee Leuven (OHL) dengan kontrak berdurasi 5 tahun.

Sebelumnya, pemain Thailand yang lebih dulu berkarier di mancanegara, yaitu ada Chitchanok Xaysensourinthon berkarir di divisi 2 Liga Swiss bersama FC Chiasso dan Chanatip Songkrasin serta Teerasil Dangda memilih J-League.

© Internet
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan. Copyright: InternetKiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan.

Kepindahan kiper berusia 27 tahun menuju OHL membuatnya menjadi kiper Thailand pertama yang berkarier di Benua Eropa. Selain itu, menurut portal berita Thailand The Nation, ia akan menjadi pemain internasional Thailand dengan bayaran tertinggi di Eropa. Meski begitu, Aiyawatt Srivaddhanaprapha, pemilik klub yang berdiri tahun 2002 itu tidak menyebutkan berapa nilainya.

"Kami telah mengamati Kawin untuk beberapa lama dan kami yakin dia adalah orang yang tepat," komentar Aiyawat dikutip dari The Nation, Kamis (11/01/18) pagi.

Kawin yang telah mengoleksi 95 caps bersama Timnas Thailand akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 16 dan akan bergabung akhir Januari 2018 nanti.

© ohl.be
Kiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL). Copyright: ohl.beKiper Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan, kini berseragam Oud-Heverlee Leuven (OHL).

"Saya tak pernah menyangka hal ini. Saya sangat bangga, ini kesempatan untuk bisa menjelajahi luasnya dunia. Kesempatan terbesar saya untuk bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan," ujar Kawin saat sesi perkenalan dirinya.

Sekadar informasi, "Thailand Connection" kemungkinan ikut andil dalam kedatangan Kawin Thamsatchanan ke OHL karena mayoritas saham klub dimiliki oleh perusahaan King Power International Group yang juga memegang kendali operasional klub Liga Primer Inggris, Leicester City.

192