Bola Internasional

Sejarah Baru Arab Saudi, Wanita Diperbolehkan Datang ke Stadion Sepakbola

Sabtu, 13 Januari 2018 14:41 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Mirror
Suporter wanita Arab Saudi dalam laga antara Al-Ahli kontra Al-Batin. Copyright: © Mirror
Suporter wanita Arab Saudi dalam laga antara Al-Ahli kontra Al-Batin.

Persepakbolaan Arab Saudi akhir membuat sejarah baru dengan memperbolehkan kaum wanita untuk hadir menyaksikan pertandingan liga domestik yang mempertemukan Al-Ahli kontra Al-Batin, Jumat (12/01/18) waktu setempat.

Sebelumnya, kaum wanita tidak diperbolehkan datang untuk menyaksikan pertandingan sepakbola di Negeri Minyak tersebut. Pasalnya, Arab Saudi masih membatasi kebebasan perempuan di ruang publik.

Hal ini pun menjadi yang pertama dalam sejarah sepakbola Arab Saudi yang meperbolehkan semua anggota keluarga menyaksikan pertandingan sepakbola profesional. Kendati demikian, pemerintah setempat masih memisahkan tribun wanita dengan kumpulan suporter pria di stadion King Abdullah Sport City, Jeddah.

Petugas wanita pun dikerahkan untuk pertandingan tersebut demi menjaga keamanan suporter perempuan, yang sebagian besar mengenakan cadar disertakan jubah hitam panjang.

© Mirror
Arab Saudi Copyright: MirrorSuporter wanita Arab Saudi dalam laga antara Al-Ahli kontra Al-Batin.

Dilansir dari Mirror, Arab Saudi telah mengurangi pembatasan perempuan di ruang publik setelah adanya reformasi sosial yang dipimpin oleh pangeran berusia 32 tahun. Dirinya juga mengijinkan perempuan untuk menyetir sejak Juni lalu.

Suporter wanita tersebut pun terlihat menikmati jalannya pertandingan sejak awal hingga peluit panjang dibunyikan. Tak jarang dari mereka juga mengibarkan bendera klub kebanggaannya.

© Mirror
Arab Saudi Copyright: MirrorSuporter wanita Arab Saudi dalam laga antara Al-Ahli kontra Al-Batin.

Sekedar informasi, laga tersebut pun akhirnya dimenangkan tim tuan rumah, Al-Ahli, dengan skor meyakinkan 5-0. Al-Ahli mendominasi pertandingan dengan unggul empat gol lebih dulu di babak pertama. Mereka pun menambah keunggulan sebelum laga usai. 

4