Liga Indonesia

Gara-gara Sampah, Ketua Umum PSSI Ingin Contoh Timnas Islandia

  • Timnas Islandia saat ini tengah berkunjung ke Tanah Air untuk menjalani laga uji coba.
  • PSSI ingin Indonesia bisa belajar banyak dari kesuksesan Islandia.
 
Minggu, 14 Januari 2018 09:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Islandia. Copyright: © Prima Pribadi/INDOSPORT
Skuat Timnas Islandia.

Ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi, ingin mencontoh sikap profesional dan disiplin dari Timnas Islandia yang saat ini tengah berada di Indonesia. Edy mengatakan hal itu sangat dibutuhkan oleh para pemain dan siapa pun yang terlibat di sepakbola Tanah Air agar ke depan geliat sepakbola nasional semakin berkualitas.

Edy Rahmayadi mencontohkan sikap disiplin Timnas Islandia pasca melawan tim Indonesia Selection, Kamis (11/01/18) lalu di Stadion Maguwoharjo. Namun, yang pertama bukan khusus mengenai kualitas permainan tim lawan yang patut ditiru melainkan masalah sepele soal sampah.

"Timnas Islandia itu saat di Maguwoharjo tidak ada sampah atau kertas sedikit pun di ruang gantinya. Ini yang patut ditiru mengenai bagaimana kedisiplinan," ujar Edy usai Kongres Tahunan PSSI, Sabtu (13/01/18) di ICE BSD, Tangerang.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Edy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTEdy Rahmayadi saat membuka Kongres PSSI

Selain itu, Edy juga mengajak pelaku dan masyarakat sepakbola Indonesia menjadikan keberhasilan Islandia sebagai inspirasi. Ketum PSSI menilai Islandia mampu menunjukkan pada dunia bahwa mereka bisa dengan masuk Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2016 lalu, meski negaranya tergolong kecil.

"Kita punya mimpi memberikan hadiah kepada Republik Indonesia saat berusia satu abad. Apa itu? Sepakbola kita bangkit dan menjadi disegani di Asia serta dunia. Islandia yang penduduknya hanya 125 ribu saja bisa, masa kita tidak. Ini adalah inti dari kongres hari ini," tutup Edy.

Timnas Indonesia memang memiliki kesempatan untuk belajar dari Islandia secara langsung. Pasalnya, Skuat Garuda akan menjalani laga uji coba kontra Islandia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Minggu (14/1/2018).

© Indosport/Herry Ibrahim
Suasana latihan para pemain Timnas jelang lawan Islandia. Copyright: Indosport/Herry IbrahimSuasana latihan para pemain Timnas jelang lawan Islandia.