Liga Indonesia

Susul Egy Maulana Vikri ke Timnas U-23, Bek Potensial Ini 'Kesulitan' Adaptasi

Selasa, 16 Januari 2018 23:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rachmat Irianto (kiri) mendapat jersey Persija dari Bambang Pamungkas usai laga. Anak dari legenda, Bejo Sugiantoro ini bermain sangat baik di lini belakang Timnas U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rachmat Irianto (kiri) mendapat jersey Persija dari Bambang Pamungkas usai laga. Anak dari legenda, Bejo Sugiantoro ini bermain sangat baik di lini belakang Timnas U-19.

Setelah Egy Maulana Vikri, pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla kembali memanggil satu nama lainnya dari Timnas U-19 untuk naik level ke Timnas U-23. Sosok baru tersebut berposisi sebagai bek tengah dan berasal dari tim Persebaya Surabaya.

Pemain baru yang dimaksud adalah Rachmat Irianto yang mendapat kesempatan bergabung di pemusatan latihan Timnas U-23 sejak, Selasa (16/01/18) di Lapangan ABC, Senayan. Untuk itu, pesepakbola 18 tahun itu mengaku senang bisa merasakan pengalaman bersama rekan-rekan yang lebih senior.

© Instagram @rachmatirianto
Kapten Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto. Copyright: Instagram @rachmatiriantoKapten Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto.

Menurut Irianto, latihan di Timnas U-23 asuhan Luis Milla sedikit berbeda dengan Timnas U-19 yang sebelumnya ditangani Indra Sjafri. Pola permainan Skuat Garuda Muda disebut lebih cepat dibandingkan Skuat Garuda Nusantara.

"Berlatih di bawah asuhan Luis Milla rasanya senang karena akhirnya saya bisa bermain dengan pemain-pemain yang lebih senior. Bisa bergabung di sini rasanya menyenangkan dan di sini permainannya lebih cepat dan tidak terlalu lama memegang bola. Permainannya cepat sekali," ujar Rian setelah sesi latihan berakhir," ucapnya setelah selesai latiha, Selasa (16/01/18).

Lantaran baru pertama kali bermain dengan skuat U-23, Irianto tak menampik jika dirinya masih malu-malu. Namun, ia yakin dalam beberapa waktu ke depan, dirinya pasti sudah terbiasa dan bisa mengikuti pola permainan cepat yang diperagakan Evan Dimas dan kawan-kawan.

"Ketika di Timnas Indonesia U-19 yang biasa kita lakukan adalah lebih sabar saat menguasai bola. Sekarang pun seperti itu, hanya saja harus lebih cepat. Agak malu-malu saya latihan hari ini karena harus adaptasi dengan permainan cepat, tapi saya yakin seiring waktu tidak akan ada kesulitan yang saya hadapi," tutup Irianto.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ramdani Lestaluhu (kedua dari kanan) mendapat kawalan ketat dari Rachmat Irianto. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRamdani Lestaluhu (kedua dari kanan) mendapat kawalan ketat dari Rachmat Irianto.

Rachmat Irianto baru bergabung dengan Timnas U-23 pada Selasa (16/1/18) bersama rekan setimnya dari Persebaya Surabaya, Irfan jaya, serta bek sayap Sriwijaya FC, Zalnando. Ketiganya melengkapi empat pemain baru yang telah datang terlebih dahulu pada Senin (15/01/18) yakni Ahmad Nur Hardianto, Kartika Ajie, Andy Setyo dan Muhammad Arfan

.Dengan kehadiran ketujuh pemain baru tersebut, kini Luis Milla memiliki 24 pemain yang bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018.