Liga Indonesia

Lolos Piala Dunia Jadi Target Mutlak Timnas Indonesia U-16

Selasa, 23 Januari 2018 00:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© http://pssi.org
Skuat Timnas U-16 besutan Fakhri Husaini. Copyright: © http://pssi.org
Skuat Timnas U-16 besutan Fakhri Husaini.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini mengaku hanya memikirkan perhelatan Piala Asia. Sebab, bagi dia melalui perhelatan tersebut akan mewujudkan impiannya membawa Timnas Indonesia tampil di ajang Piala Dunia.

Timnas Indonesia U-16 saat ini memang tengah fokus menggelar pemusatan latihan. Bertempat di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Timnas Indonesia U-16 bersiap mengikuti turnamen Jenesys di Yamazakura Kirishima Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park, Jepang.

Namun tampil di Jenesys tim berjuluk Garuda Asia tidak terlalu memusingkan target. Baginya perhelatan Piala Asia lah yang menjadi prioritas utama dirinya.

"Target kami adalah Piala Asia, kami ingin lolos ke Piala Dunia. Jadi soal Jepang atau apalah itu tidak prioritas," ucap Fakhri.

"Saya sudah sampaikan ke pemain akan mati-matian di Piala Asia. Karena 4 tim terbaik akan lolos ke piala dunia," jelas dia.

© Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16. Copyright: Dewo/PSSIFakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16.

Mantan pelatih PKT Bontang ini pun menjelaskan bahwa saat ini terus memberikan materi. Bahkan dalam pemusatan kali ini Fakhri akan memfokuskan penggabungan beberapa aspek sepeti fisik, skill, teknik, dan mental. 

"Untuk latihan hari ini kami kembali lagi  ke transisi positif, dan negatif. Selain kedua aspek tersebut kita mengabungkan seluruh aspek seperti fisik, skill, teknik dan mental kita gabungkan semua."

"Sebab dengan waktu latihan yang singkat tentu pelatih harus cepat adaptasi menjadi satu sehingga seluruh aspek tersebut terakomodir," tutup dia.

Timnas U-16 akan melakukan pemusatan latihan hingga tanggal 27 Januari 2018 untuk periode pertama. Periode kedua rencananya akan dilaksanakan tanggal 1 Februari hingga 3 Maret 2018. Dengan beberapa kali uji coba di tanggal 11 Februari, 25 Februari, 4 Maret 2018.