Bola Internasional

Ada Grup Neraka, Ini Hasil Undian UEFA Nations League

Kamis, 25 Januari 2018 01:38 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© UEFA
UEFA Nations League Copyright: © UEFA
UEFA Nations League

Asosiasi sepakbola Eropa, UEFA merasa tidak cukup puas dengan perhelatan pertandingan persahabatan antar negara yang dimainkan pada jeda-jeda internasional. UEFA menganggap jika pertandingan persahabatan tersebut belum cukup mampu untuk mendongkrak prestasi negara-negara Eropa di kancah sepakbola dunia.

Untuk mengatasi hal tersebut, UEFA pun membentuk kompetisi terbaru yang akan mulai dipertandingkan di tahun 2018 ini, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas timnas negara-negara Eropa, disertai pertandingan uji coba mereka. 

© UEFA
Format UEFA Nations League. Copyright: UEFAFormat UEFA Nations League.

Kompetisi yang mengikutsertakan total 55 negara di benua Eropa itu sendiri pertama kali dibahas dalam UEFA Strategy Meeting di Cyprus pada tahun 2011 lalu. Nantinya format UEFA Nations Lague akan menentukan tim yang akan berlaga di ajang Piala Eropa 2020.

Liga A sendiri menjadi divisi yang diprediksi akan menampilkan pertandingan-pertandingan sengit, mengingat divisi ini diisi oleh tim-tim nasional negara yang sering berlaga di ajang Piala Dunia. Grup 1 menjadi sorotan tersendiri karena menjadi grup neraka yang berisi Belanda, Prancis, dan Jerman yang sudah tak diragukan lagi kekuatannya.

© Sportsfile
Liga A Nations League Copyright: SportsfileLiga A Nations League

Sementara itu Grup 2 diisi oleh Islandia, tim nasional yang baru pertama kali lolos ke Piala Dunia itu akan beradu kekuatan dengan Swiss dan Belgia untuk dapat lolos ke gelaran Euro 2020 mendatang. Grup 3 sendiri akan bertensi hampir sama dengan grup 1, mengingat Italia yang tak lolos ke perhelatan Piala Dunia 2018 harus bersaing dengan Polandia dan Portugal. 

Grup 4 menjadi grup yang juga tak kalah menarik dengan Grup 1. Pasalnya di grup ini, Inggris dan Spanyol akan bersaing ketat dan menyisakan Kroasia yang harus berjuang melawan kedua raksasa tersebut. 

Pengundian UEFA Nations League pun telah rampung dilaksanakan dalam acara yang berlangsung di Lausanne, Swiss pada hari Rabu (24/01/18) sore. Berikut hasil pengundian babak grup Nations League yang akan segera dimulai pada September 2018 nanti.

Liga A 
Grup 1: Belanda, Prancis, Jerman.
Grup 2: Islandia, Swiss, Belgia.
Grup 3: Polandia, Italia, Portugal.
Grup 4: Kroasia, Inggris, Spanyol.

Liga B
Grup 1: Slovakia, Ukraina, Republik Ceska.
Grup 2: Rusia, Swedia, Turki.
Grup 3: Austria, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara.
Grup 4: Wales, Republik Irlandia, Denmark.

Liga C

Grup 1: Skotlandia, Albania, Israel.
Grup 2: Hungaria, Yunani, Finlandia, Estonia.
Grup 3: Slovenia, Norwegia, Bulgaria, Siprus.
Grup 4: Rumania, Serbia, Montenegro, Lithuania.

Liga D
Grup 1: Georgia, Latvia, Kazakhstan, Andorra.
Grup 2: Belarusia, Luksemburg, Moldova, San Marino.
Grup 3: Azerbaijan, Kep. Faroe, Malta, Kosovo.
Grup 4: Makedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar.

1.2K