Liga Indonesia

PSMS Medan 0-2 Sriwijaya FC: Laskar Wong Kito Lebih Ngotot

Jumat, 26 Januari 2018 17:41 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Sriwijaya FC Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Sriwijaya FC

Babak Pertama

Sriwijaya yang membutuhkan kemenangan lebih banyak menguasai bola di awal-awal babak pertama. 
Namun belum ada peluang berbahaya yang diciptakan Laskar Wong Kito. Justru PSMS mampu mengancam lebih dulu lewat Urikhob. Sayang tendangannya masih bisa diamankan oleh Teja Paku Alam. 

Usai peluang Urikhob, barulah Sriwijaya bisa mengancam gawang PSMS. Pergerakan Dzhalilov di sisi kanan pertahanan PSMS sangat berbahaya. Dzhalilov mampu melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Namun tendangannya bisa digagalkan Dhika Bayangkara. Tak lama sebuah umpan berbahaya diberikan ke kotak penalti PSMS, sayang tak ada pemain Sriwijaya yang mampu menyambar umpan tersebut.

© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Sriwijaya FC Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSMS Medan vs Sriwijaya FC

Memasuki menit ke-14 Sriwijaya kembali mengancam gawang PSMS. Tendangan keras Marckho Sandy memaksa Dhika Bayangkara harus terbang mengamankan gawang. Dhika Bayangkara juga kembali harus berjibaku mengamankan gawang PSMS dari peluang Sriwijaya melalui tendangan bebas. 

Erwin hampir saja membuat PSMS Medan unggul di menit ke-25, tendangannya dari jarak dekat masih bisa dimentahkan Teja Paku Alam. Kedua tim saling bergantian menyerang setelah itu. Namun hingga water break skor masih tak berubah 0-0. 

© Arif Rahman/Indosport.com
PSMS Medan vs Sriwijaya FC Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPSMS Medan vs Sriwijaya FC

PSMS dengan permainan cantik mengurung pertahanan Sriwijaya FC usai water break. Sayang bola hanya berhasil dikirim ke kotak penalti namun tak berhasil dikonversi menjadi gol. 

Saat memasuki injury time, Makan Konate mendapatkan peluang emas. Ia melepaskan tendangan ke arah gawang, sayang Dhika Bayangkara masih sigap dan menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok. Sepak pojok juga belum bisa dimaksimalkan oleh Sriwijaya sehingga babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Kedua tim kembali saling serang di babak kedua demi meraih kemenangan. Setelah beberapa kali mencoba dan gagal, akhirnya Sriwijaya FC mampu memecah kebuntuan di menit ke-53. Lewat sebuah skema sepak pojok Sriwijaya berhasil memimpin 0-1. 

Sepak pojok yang diambil oleh Adam Alis diarahkan ke tiang jauh. Bermaksud membuang bola Samuel Sibatuara malah menceploskan bola ke gawang sendiri. 

Usai kebobolan, PSMS balik menyerang. Lewat sebuah tendangan bebas, bola yang sampai ke kotak penalti disundul ke arah gawang. Namun Teja Paku Alam dengan sigap mengamankan bola. 

Dzhalilov mempertontonkan skill individunya di menit ke-63. Ia berlari membawa bola dan telah melewati pemain terakhir PSMS di kotak penalti. Sayang tendangan mendatar yang ia lepaskan tipis saja melebar di samping gawang Dhika Bayangkara. 

PSMS tak ingin terus ditekan lewat pemain yang baru dimasukkan di babak kedua, Ayam Kinantan mengancam. N'Guessan mendapat bola hasil umpan lambung dan merangsek ke kotak penalti. Namun ia gagal menciptakan gol. 

Jelang water break sebuah insiden terjadi di kotak penalti PSMS. Dzhalilov dijatuhkan Lobo dan wasit menunjuk titik putih. Makan Konate yang menjadi algojo masih mendapat sambutan dari para bobotoh di Stadion GBLA. Tapi dengan tenang Konate mengecoh penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 0-2. 

Kedua tim masih terus berusaha untuk mencetak gol di waktu tersisa. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor masih tak berubah 0-2 untuk kemenangan Sriwijaya FC. Dengan hasil ini, juara dan runner up Grup A harus ditentukan dari hasil laga Persib Bandung melawan PSM Makassar malam nanti. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim. 

PSMS Medan:

Dhika, Jajang, Roby, Lobo, Amarzukih, Legimin, Suhandi, Erwin, Frets, Sadney, Samuel. 

Pelatih: Djajang Nurjaman

Sriwijaya FC:

Teja, Hamka, N'Diaye, Novan, Marckho, Adam Alis, Syahrian, Zulfiandi, Konate, Beto, Dzhalilov. 

Pelatih: Rahmad Darmawan

943