Liga Inggris

Ki Sung-yueng Jadi Pemain Korea dengan Penampilan Terbanyak di Inggris

Kamis, 1 Februari 2018 13:01 WIB
Editor: Irfan Fikri
© INDOSPORT
Bintang Swansea City, Ki Sung-yueng. Copyright: © INDOSPORT
Bintang Swansea City, Ki Sung-yueng.

Penampilan Ki Sung-yueng ketika Swansea City melawan Arsenal di Swansea, Rabu (31/01/2018), menuai rekor baru. Total bermain mencapai 154 pertandingan di Liga Primer Inggris, sebuah rekor terbaru untuk dengan melampaui pencapaian mantan gelandang Manchester United di era Sir Alex Ferguson, Park Ji-Sung.

Pada laga di Liberty Stadium, Ki bermain penuh dan ketangkasannya di lini tengah suksesmembantu Swansea City menjungkalkan Arsenal dengan skor 3-1.

Swansea memang sedang mengalami peningkatan dalam beberapa laga terakhir. Skuat asuhan pelatih asal Portugal, Carlos Carvahal itu kini perlahan mampu bergerak menjauh keluar dari zona degradasi.

Terkait rekor yang dibuat oleh Ki, tentu itu menjadi sebuah pencapaian luar biasa mengingat tak banyak pemain asal Korea Selatan sukses di Liga Primer Inggris. Selain Park Ji-Sung yang gilang gemilang bersama Manchester United, banyak pula  yang terhitung gagal.

Contohnya seperti Seol Ki-hyeon yang pernah bermain di Wolves, Reading dan Fulham atau Lee Dong-gook yang pernah membela Middlesbrough.

Karir Ki Sung-yueng di Eropa bermula ketika pria kelahiran Gwangju itu dipinang Glasgow Celtic pada 2009 dari FC Seoul. Setelah tiga musim yang sukses di Skotlandia, stabilitas permainan Ki mengundang klub asal Wales yang berlaga di Liga Primer.

Swansea untuk merekrutnya pada awal musim 2012/13 dengan mahar 6 juta pounsterling atau setara dengan Rp114 miliar. Meski sempat dipinjamkan ke Sunderland, Ki termasuk salah satu pilar klub berjuluk The Swans ketika sukses menjuarai Piala Liga pada musim 2012/13 dibawah arahan pelatih asal Denmark, Brian Laudrup.

© INDOSPORT
Ki Sung-yueng berselebrasi dengan rekannya, Koo Ja-Cheol. Copyright: INDOSPORTKi Sung-yueng berselebrasi dengan rekannya, Koo Ja-Cheol.di Timnas Korsel.

Pemain asal Korea Selatan saat ini mulai mempunyai tempat di Inggris. Selain Ki Sung-yueng yang berposisi sebagai gelandang sentral itu, kini harapan Korea Selatan di negeri Ratu Elizabeth itu juga tersandar pada Son Heung-Min yang menjadi andalan klub asal London utara, Tottenham Hostspur.

Dengan performa gemilang dari Ki Sung-yueng dan Son di Liga Primer musim ini, tentu mereka jadi faktor penting untuk membawa timnas Korea Selatan berprestasi di ajang Piala Dunia 2018 nanti.

Penulis: Haris Chaebar

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%