Bursa Transfer

Perpindahan Laporte Beri Efek Domino di Inggris, Italia, dan Spanyol

Jumat, 2 Februari 2018 19:05 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Manchester City telah memecahkan rekor transfer mereka dengan memercikkan dana sebesar 57 juta poundsterling atau sekitar Rp1,6 triliun untuk merekrut bek tengah Athletic Bilbao, Aymeric Laporte.

Laporte, bek tengah berusai 23 tahun itu telah menandatangani kontrak lima setengah tahun dan menyelesaikan kepindahannya ke Inggris. Pria berkebangsan Prancis-Spanyol itu kini merupakan pembelian termahal Manchester City.

© INDOSPORT
Aymeric Laporte. Copyright: INDOSPORTLaporte direkrut Man City dari Bilbao.

Untuk ukuran bek, dia merupakan bek termahal kedua setelah transfer Virgil Van Dijk dari Southampton ke Liverpool sebesar 75 juta pounsterling.

Namun kepindahan Laporte tidak hanya menyenangkan Pep Guardiola semata. Tidak ada yang menyangka, kepindahan Laporte ke Etihad Stadium memberi efek domino bagi bursa transfer di tiga negara sekaligus.

Di Spanyol, kepindahan Aymeric Laporte digantikan oleh bek sentral Real Sociedad, Inigo Martinez. Bilbao berhasil mengamankan jasa Martinez dengan biaya sebesar 28 juta euro atau sekitar Rp470 miliar.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESMartinez direkrut Bilbao dari Sociedad sebagai pengganti Laporte. 

Sebelumnya, pemain ini pernah dirumorkan didekati Real Madrid pada awal musim ini, namun hal tersebut pada akhirnya batal terjadi. Kepindahan Martinez ke Bilbao ini sendiri membuatnya menjaga peluangnya agar tetap dilirik pelatih Julen Lopetegui, untuk dibawa ke Piala Dunia bersama Timnas Spanyol.

Di Italia, kepindahan Inigo Martinez ke Bilbao membuat Real Sociedad mau tak mau bergerak mencari pengganti bek tengah baru. Jelang penutupan transfer musim dingin ini, Los Txuri Urdin sukses mendaratkan palang pintu Timnas Meksiko yang sejak awal musim menghangatkan bangku cadangan AS Roma, Hector Moreno.

Mantan pemain PSV Eindhoven ini diboyong dengan biaya yang terhitung murah, 6 juta euro atau sekitar Rp100 miliar. Moreno pindah pun karena jantung pertahanan I Giallorossi sudah paten milik duet Federico Fazio dan Kostas Manolas.

Efek domino nan berantai dari transfer Laporte tidak hanya terjadi di Spanyol dan Italia saja. Kepindahan Laporte ke Man City membuat bek tengah The Citizens, Eliaquim Mangala mengalah.

© Gareth Copley/Getty Images
Caption Copyright: Gareth Copley/Getty ImagesMangala dipinjamkan Man City ke Everton.

Mantan bek FC Porto itu dipinjamkan ke sesama klub Premier League, Everton. Dengan masih tersisa empat bulan, pindah ke klub yang menggaransi menit bermain merupakan keputusan tepat bagi Mangala. Karena dengan datangnya Laporte, kini City punya empat bek sentral sekaligus, yakni Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, John Stones, dan Aymeric Laporte.

394