Liga Spanyol

Imbang di Derby Catalan, Barcelona Tetap Puas

Senin, 5 Februari 2018 08:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Sergio Busquets berusaha merebut bola dari penyerang Espanyol, Gerard Moreno Copyright: © Getty Images
Sergio Busquets berusaha merebut bola dari penyerang Espanyol, Gerard Moreno

Pimpinan sementara Liga Spanyol, Barcelona, harus puas berbagi angka dengan tim sekotanya Espanyol, setelah laga yang berlangsung di kandang Espanyol Stadion Cornellà-El Prat harus berkesudahan 1-1, Minggu (04/01/18) malam.

Dalam laga bertajuk derby Catalan, El Barca terlihat kesulitan mengembangkan permainan akibat hujan deras dan air yang menggenang di beberapa bagian lapangan. Bahkan tim asuhan Ernesto Valverde harus tertinggal terlebih dahulu lewat gol Gerard Moreno di 66 menit berjalannya laga.

“Bola berhenti dibeberapa area lapangan dan kami tidak akan tahu permainan seperti apa yang bisa menguntungkan atau merugikan," kata Valverde usai laga.

© Marca
Caption Copyright: MarcaGerard Moreno

"Bermain dengan gaya kami, saya rasa sangat sulit untuk bisa beradaptasi (dengan  lapangan) dan mereka memanfaatkan itu untuk mencetak gol," tambahnya.

Meski begitu, Andreas Iniesta dan kawan-kawan tetap bisa mencetak gol dan menyamakan kedudukan delapan menit sebelum laga berakhir lewat pemain belakangnya Gerard Pique.

“Kami mencetak gol setelah tertinggal dan kami menyudahinya dengan perasaan bahwa ini adalah pertandingan yang bagus buat tim," ungkap Andres Inesta pada BeIN Sports.

© Twitter Barcelona
Espanyol vs Barcelona Copyright: Twitter BarcelonaEspanyol vs Barcelona

Meski mengakui bahwa bukan dalam kondisi yang  terbaik, laga ini menurutnya tetap merupakan pertandingan tim sekota yang menghibur, dan yang terpenting mereka bisa menambah amgka di klasemen.

"Meski harus berbagi, tetapi yang terpenting kami tetap menambah poin," tambah gelandang 33 tahun ini.

Sementara itu mengomentari Gerard Pique yang sempat memancing kontroversi usai mencetak gol, Valverde mencoba untuk bersikap wajar membela anak asuhnya tersebut.

"Laga berjalan sangat panas. Gol, kami menyamakan kedudukan, perayaan Pique, tensi meningkat. Tetapi itu bukan sesuatu yang tidak pernah terjadi dalam laga derby," belanya.

Dengan tambahan satu poin, Barcelona masih tetap nyaman berada di puncak klasemen dengan poin 58, unggul 9 poin dari saingan terdekatnya Atletico Madrid diposisi dua.