Liga Italia

Sulit Datangkan Conte dan Ancelotti, Ini Pelatih Baru Timnas Italia

Senin, 5 Februari 2018 21:29 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images/Grafis: INDOSPORT
Luigi Di Baggio resmi ditunjuk sebagai pelatih sementara Timnas Italia. Copyright: © Getty Images/Grafis: INDOSPORT
Luigi Di Baggio resmi ditunjuk sebagai pelatih sementara Timnas Italia.

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) telah menunjuk pelatih Timnas Italia U-21, Luigi Di Bagio, untuk mengisi kursi kepelatihan Gli Azzurri yang ditinggalkan Giampiero Ventura. Bagio pun akan bertanggung jawab pada laga persahabatan kontra Argentina dan Inggris, Maret mendatang.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kursi kepelatihan Timnas Italia telah kosong, pasca Ventura gagal membawa Gli Azzurri ke Piala Dunia 2018. Mereka secara mengejutkan kalah atas Swedia di babak play-off.

Sejumlah nama pelatih pun telah masuk dalam daftar FIGC. Mulai dari Fabio Cannavarro, Fabio Capello, Carlo Ancelotti, dan Antonio Conte. Nama terkahir menjadi kandidat paling favorit untuk menjadi juru taktik Timnas Italia.

Namun FIGC nyatanya sulit membawa Conte pulang ke tanah kelahirannya, mengingat mantan pelatih Juventus tersebut masih memiliki kontrak bersama Chelsea. Sebelumnya, FIGC juga mendapat penolakan secara halus dari Ancelotti. Mantan pelatih AC Milan itu menjelaskan bahwa dirinya hanya ingin melatih klub.

Kesulitan mendatangkan pelatih ternama membuat FIGC memanfaatkan juru taktik yang sudah bertugas di Timnas muda Italia. Hal itu pun dibenarkan langsung melalui pernyataan resmi otoritas tertinggi sepakbola Italia.

© -
Italia gagal melaju ke Rusia, Buffon meminta maaf. Copyright: -Italia gagal melaju ke Rusia, Buffon meminta maaf.

“Setelah sebuah pertemuan yang diadakan hari ini (Minggu waktu setempat) di markas besar FIGC di Roma, di hadapan Komisaris Luar Biasa, Roberto Fabbricini dan wakilnya, Alessandro Costacurta, diputuskan bahwa Luigi Di Biagio akan menjadi carateker. Pertandingan internasional pada bulan Maret, yang dijadwalkan untuk tanggal 23 melawan Argentina di Manchester dan tanggal 27 dengan Inggris di London," tulis FIGC.

Ini pun menjadi kesempatan bagi Di Bagio untuk menunjukkan kualitasnya sebagai juru taktik. Pasalnya Di Bagio akan dipermanenkan sebagai pelatih Timnas Italia, jika dirinya mampu memenangkan dua pertandingan tersebut. Hal itu sesuai dengan pernyataan Wakil Komisaris FIGC, Alessandro Costacurta.

© BBC
Alessandro Costacurta Copyright: BBCAlessandro Costacurta.

"Sudah jelas, jika dia memenangkan pertandingan persahabatan berikutnya, kami memerlukan pelatih lain untuk tim U-21," ujar Costacurta beberapa waktu lalu, dikutip dari Soccerway.

80