Bola Internasional

Mengenal Yangon United, Lawan Bali United di Laga Perdana Grup G Piala AFC

Selasa, 13 Februari 2018 09:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© ygnutd.com
Penggawa Yangon United. Copyright: © ygnutd.com
Penggawa Yangon United.

Bali United akan menjamu raksasa Myanmar, Yangon United FC, di laga perdana Grup G Piala AFC 2018. Laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (13/02/18), ini diprediksi akan seru karena menjadi penampilan pertama Bali United di kancah Asia. 

Pecinta sepak bola tanah air mungkin masih asing dengan nama klub Yangon United. Dibanding klub-klub Asia Tenggara lainnya seperti di Thailand dan Malaysia, klub di Myanmar memang jarang mendapat sorotan di tanah air. Namun, tahukah Anda bahwa Yangon merupakan kekuatan sepakbola utama di Myanmar?

Berdiri pada tahun 2009, Yangon United merupakan tim muda yang dibangun untuk menjadi tim juara. Yangon United merupakan klub yang bermarkas di Ibu Kota Myanmar, Yangon. Semenjak berdiri hingga kini, Yangon telah berhasil menjuarai empat edisi Myanmar National League, yaitu kompetisi sepakbola tertinggi di sana. Yangon juara di tahun 2011. 2012, 2013, dan 2015. Dalam dua musim terakhir, Yangon berada di posisi runner-up liga. 

© goal.com
Penggawa Yangon United. Copyright: goal.comPenggawa Yangon United.

Walau berdiri pada tahun 2009, sejatinya Yangon merupakan penjelmaan dari klub Air Bagan FC yang berlaga di liga lama negara Myanmar, yaitu Myanmar Premier League. Beda dengan Bali United, Yangon United sudah berlaga di 5 gelaran Piala AFC (termasuk edisi tahun ini). Namun, pencapaian terbaiknya hanya sampai di Babak 16 besar pada tahun 2013 dan 2014 silam. 

Kini Yangon United juga menjadi favorit juara di Liga Domestik Myanmar. Klub yang bermarkas di Stadion Yangon United Sport Complex itu dilatih oleh Myo Min Tun, yaitu seorang pelatih berkebangsaan Myanmar. Di liga Myanmar yang masih berjalan saat ini Yangon duduk di peringkat pertama. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bali United vs Yangon United. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTBali United vs Yangon United.
315