Liga Europa

Napoli 1-3 Leipzig: Werner Jadi Malapetaka Bagi Napoli

Jumat, 16 Februari 2018 05:09 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
RB Leipzig 1-3 Napoli. Copyright: © Getty Images
RB Leipzig 1-3 Napoli.

Babak Pertama

Meski tampil sebagai tim tamu, tidak menggentarkan semangat Leipzig. Leipzig justru mampu membuat peluang pertama di laga ini melalui penyerang andalannya, Timo Werner. Sayang tendangannya dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diamankan Reina. 

Tim tamu kembali membuat peluang di menit ke-13 dan 15 melalui Bruma. Namun upayanya masih gagal menciptakan gol. Satu peluang lagi untuk Leipzig dihasilkan oleh Yussuf Poulsen, tapu tendangannya masih tipis di samping gawang. 

Tuan rumah Napoli baru bisa memberikan ancaman nyata pada menit ke-20. Jose Callejon melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun upayanya digagalkan penjagaw gawan Leipzig. Empat menit berselang Timo Werner kembali menciptakan peluang memanfaatkan umpan Naby Keita, namun masih belum merubah papan skor.

© INDOSPORT
Napoli vs RB Leipzig. Copyright: INDOSPORTNapoli vs RB Leipzig.

Tak lama berselang usai peluang Werner, Naby Keita ikut membuat peluang, namun sayang tendangannya masih melebar. Leipzig masih belum berhenti, menit ke-28, Konrad Laimer juga melepaskan tendangan yang masih melebar. 

Setelah Naby Keita kembali membuat peluang di menit ke-30, barulah Napoli membalas semenit kemudian. Piotr Zielinski melepaskan tembakan kaki kiri yang masih menyamping. 

Jelang turun minum, Leipzig kembali membuat dua peluang melalui Naby Keita dan Bruma. Tapi upaya dua pemain itu belum mampu berbuah gol. Skor 0-0 menjadi skor akhir babak pertama.

Babak Kedua

Lima menit awal di babak kedua hanya diisi oleh upaya serangan kedua tim tanpa peluang berarti. Barulah pada menit ke-50, Marcel Sabitzer membawa Leipzig mengancam. Namun tendangannya masih melebar. 

Begitu juga dengan tendangan Timo Werner semenit berselang. Tendangan yang ia lepaskan masih tinggi dan melebar. 

Pada menit ke-52, tuan rumah Napoli akhirnya memecah kebuntuan melalui kaki Adam Ounas. Memanfaatkan assist Marko Rog, Ounas melepaskan tendangan ke pojok gawang Leipzig. 

Setelah tertinggal 1-0, Leipzig langsung tancap gas dan menciptakan tiga peluang beruntun. Namun upaya Naby Keita, Poulsen, dan Werner masih gagal. 

Akhirnya Leipzig mampu membalas di menit ke-61. Adalah Timo Werner yang berhasil membobol gawang Pepe Reina. Mendapat umpan silang dari sisi kiri pertahanan Napoli, Werner yang dikawal ketat mampu melepaskan tembakan yang menggetarkan gawang Napoli. 

Petaka bagi tuan rumah Napoli, hadir di menit ke-74. Lewat serangan balik cepat, Yussuf Poulsen mampu merangsek ke kotak penalti Napoli dan melepaskan umpan. Bruma yang berdiri bebas, mampu menceploskan bola ke gawang dengan mudah. 

Jelang waktu normal berakhir, hingga injury time, Napoli mampu membuat empat peluang beruntun. Namun aksi Insigne, Callejon, dan Diawara, tidak mampu menyamakan kedudukan. 

Malah yang terjadi sebaliknya, Timo Werner mampu memperlebar jarak menjadi 1-3. Lewat skema serangan balik, Emil Forsberg memberikan umpan yang berhasil dikonversi oleh Timo Werner menjadi gol.

Skor 1-3 menjadi skor akhir pertandingan ini. Kekalahan ini membuat Napoli harus kerja keras di leg kedua. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Napoli 4-3-3

Reina; Maggio, Tonelli, Koulibaly, Hysaj; Rog, Diawara, Hamsik; Ounas, Callejon, Zielinski. 

Pelatih: Maurizio Sarri

RB Leipzig 4-4-2

Gulácsi; Laimer, Orban, Upamecano, Klostermann; Keita, Kampl, Sabitzer, Bruma; Poulsen, Werner.

Pelatih: Ralph Hasenhuttl

377