Liga Europa

Ostersunds 0-3 Arsenal: Langkah The Gunners Semakin Mudah

Jumat, 16 Februari 2018 02:56 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Nacho Monreal berselebrasi setelah mencetak gol melawan Ostersunds di 32 Besar Liga Europa. Copyright: © Getty Images
Nacho Monreal berselebrasi setelah mencetak gol melawan Ostersunds di 32 Besar Liga Europa.

Babak Pertama

Meski tampil di hadapan pendukung Ostersunds, Arsenal lebih dulu mengambil inisiatif penyerangan. Mesut Ozil mampu mengancam gawang tuan rumah pada menit ke-6, namun tendangannya memanfaatkan umpan Welbeck masih dapat diblok. 

Dua menit berselang, giliran Welbeck yang memberikan ancaman. Memanfaatkan umpan crossing dari Elneny, Welbeck menanduk bola dari jarak dekat namun masih bisa dimentahkan penjaga gawang. 

Arsenal akhirnya baru bisa memimpin di menit ke-13. Adalah Nacho Monreal yang mampu membobol gawang Ostersunds. Tendangan Welbeck ke arah gawang, tidak bisa diamankan dengan sempurna oleh penjaga gawang Ostersunds. Akhirnya hal itu menjadi petaka bagi tuan rumah, karena Nacho Monreal mampu menyambar bola tersebut dan menceploskannya ke pojok gawang. 

Tak butuh waktu lama untuk Arsenal menggandakan keunggulan. Pada menit ke-24, jala gawang Ostersunds kembali bergetar. Mendapat serangan dari pemain Arsenal di kotak penalti, pemain Ostersunds tidak langsung membuang bola ke depan, melainkan bermain-main di pertahanan sendiri. 

Hal itu menjadi bumerang, Mkhitaryan berhasil merebut bola dan melepaskan umpan ke arah Welbeck yang berdiri bebas. Umpan tersebut justru membentur pemain belakang Ostersunds dan bola masuk ke gawang. Skor menjadi 0-2 untuk keunggulan Arsenal. 

Usai ketinggalan 0-2, tuan rumah mampu membuat peluang emas pada menit ke-28. Samuel Mensah melapaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung Ospina dengan sigap mampu menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi tuan rumah. 

Menit ke-33, tuan rumah kembali menciptakan peluang. Pemain andalan mereka, Saman Ghoddos, melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun masih bisa diamankan oleh Ospina. 

Saman Ghoddos kembali membuat peluang jelang pertandingan babak pertama berakhir. Namun tendangannya hanya melebar di sisi kiri gawang Arsenal. Begitu juga dengan tendangan Mhkitaryan di injury time yang masih melebar. Skor 0-2 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Babak Kedua

Meski sudah unggul, Arsenal tak mengendurkan serangan di babak kedua. Namun, tuan rumah justru lebih dulu mampu membuat dua peluang. Pada menit ke-52, tendangan Ronald Mukiibi masih diblok. Dan pada menit ke-54 tendangan Jamie Hopcutt juga masih diblok. 

Empat menit berselang, giliran Arsenal membuat peluang yang langsung berbuah gol. Permainan satu dua Mesut Ozil dan Mkhitaryan berhasil dituntaskan Ozil menjadi sebuah gol. Arsenal pun unggul jauh 0-3 atas tuan rumah Ostersunds. 

Setelah gol dari Ozil, Arsenal masih terus mencoba menerobos pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-65, Mohamed Elneny melepaskan sebuah tendangan dari luar kotak penalti. Tapi tendangan Elneny memanfaatkan operan Mkhitaryan tersebut masih melambung tipis di atas gawang. 

Selanjutnya di menit ke-71, Nacho Monreal nyaris saja mencetak gol keduanya di laga ini. Tapi tendangannya memanfaatkan umpan Danny Welbeck, masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Ostersunds. Dua menit jelang waktu normal berakhir, Ostersunds melepaskan tendangan yang masih belum menemui sasaran.

Saat injury time harusnya bisa memperkecil ketinggalan lewat titik putih. Namun penalti yang diberikan wasit karena pelanggaran Kolasinac tersebut gagal dieksekusi oleh Tom Pettersson. Ospina dengan baik dapat membaca arah bola dan menangkap bola. 

Skor 0-3 menjadi skor akhir di laga ini. Kemenangan ini membuat tugas Arsenal menjadi lebih mudah di leg kedua yang akan diselenggarakan di Emirates Stadium. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Ostersunds FK 4-3-3

Keita; Mukiibi, Papagiannopoulos, Petterson, Widgren; Edwards, Nouri, Mensah; Sema, Ghoddos, Gero.

Pelatih: Graham Potter

Arsenal 4-4-1-1

Ospina; Monreal, Mustafi, Chambers, Bellerin; Mkhitaryan, Niles, Elneny, Iwobi; Ozil; Welbeck. 

Pelatih: Arsene Wenger

532