Liga Indonesia

PT LIB Masih Tunggak Hutang, Jadwal Liga 1 Terancam Mundur Lagi

Rabu, 21 Februari 2018 19:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017.

Kompetisi kasta atas sepakbola Indonesia, Liga 1 hingga saat ini belum juga menemui kejelasan terkait jadwal kick off. Teranyar, pihak PSSI menyatakan kemungkinan kompetisi akan kembali mundur dari agenda sebelumnya yakni tanggal 10 Maret mendatang karena operator kompetisi masih memiliki hutang subsidi terhadap 18 klub peserta.

Seperti diketahui operator kompetisi Liga Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) ternyata masih menunggak sisa subsidi yang harus dibayarkan ke klub peserta. 18 klub dilaporkan belum menerima sisa pembayaran subsidi yang dijanjikan LIB hampir Rp2 miliar karena baru termin pertama yang dibayarkan pada Desember 2017 lalu senilai lebih dari Rp600 juta.

Keadaan itu nyatanya berdampak besar pada keberlangsungan Liga 1 2018. PSSI melalui Plt (pelaksana tugas sementara) ketua umum, Joko Driyono mengatakan kick off liga bisa saja tertunda dari jadwal semula jika LIB belum juga melunasi hak 18 klub peserta. Hal itu dikatakannya usai bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, Rabu (21/02/18) guna membahas dan melaporkan mengenai kondisi sepakbola nasional.

"Iya tadi di laporkan kepada Pak Menteri karena 2018 kita banyak event. Sejatinya kick off akan dilaksanakan tanggal 10 Maret dan endingnya yang direncanakan di Oktober atau November dan itu perlu bertemu dengan klub karena seperti diketahui 8 November ada AFF Suzuki Cup. Jadi pada prinsipnya kick off segera diputuskan," buka pria yang karib disapa Jokdri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPlt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT

"Soal hutang juga tadi ditanyakan Pak Menteri dan PSSI meminta LIB diselelesaikan sebelum kick off tanggal 10 Maret. Kalau belum diselesaikan iya gak kick off," sambungnya.

Menunggaknya pembayaran subsidi dari PT Liga sejatinya telah memberikan efek langsung pada klub. Persipura misalnya pernah menegaskan butuh dana segar pada Desember 2017 lalu untuk merekrut pemain baru. Karena tidak adanya finansial yang mencukupi, tim Mutiara Hitam pada akhirnya memutuskan tidak ikut Piala Presiden 2018.

Sementara itu, jika kick off Liga 1 benar-benar kembali dimundurkan, maka akan akan menciptakan polemik baru bagi klub peserta yang telah mati-matian menyiapkan klub dari perekrutan pemain dan sebagainya. Pasalnya sejauh ini PT LIB sudah tiga kali merevisi jadwal kick off Liga 1. Awalnya dilaporkan mulai tanggal 24 Februari, kemudian mundur ke tanggal 3 Maret dan terakhir 10 Maret.

37