Bola Internasional

Musim Depan Akan Ada Perubahan Jadwal Kick Off Liga Champions dan Liga Europa

  • Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) mengubah jadwal pertandingan Liga Champions menjadi dua jadwal pertandingan.
  • UEFA juga mengubah aturan penyisihan grup di Liga Europa.
Rabu, 28 Februari 2018 16:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Kedua tim sebelum kick off pada laga Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Kedua tim sebelum kick off pada laga Liga Champions.

Asosiasi Sepakbola Eropa UEFA telah membuat sebuah perubahan terkait dengan penyelenggaraan Liga Champions dan Liga Europa di musim yang akan datang.

Jika biasanya pertandingan Liga Champions hanya memiliki satu jadwal kick off yang dimulai pukul 7.45 malam (waktu Irlandia) atau sekitar pukul 2.45 dini hari (waktu Indonesia) namun sejak awal musim 2018-2019 pertandingan akan dimulai dalam dua jadwal kick off yakni pukul 1 dini hari atau 3 dini hari, yang mirip dengan Liga Europa.

Untuk menyesuaikan dengan Liga Primer Inggris, UEFA juga mengubah aturan penyisihan grup. Empat tim teratas akan lolos secara otomatis untuk babak penyisihan grup Liga Champions seperti tim dari Italia, Jerman dan Spanyol dengan dua tim yang lolos ke Liga Europa.

© INDOSPORT
Para pemain Real Madrid sebelum kick off. Copyright: INDOSPORTPara pemain Real Madrid sebelum kick off.

Perubahan tersebut berarti tim di urutan keempat dari Liga Primer Inggris tidak lagi harus melalui penyisihan untuk melaju ke fase grup.  Itu berarti akan ada 26 tim yang lolos otomatis, meningkat dari 22 tim saat ini.

Setiap tim yang tersingkir dari kualifikasi Liga Champions akan mendapatkan kesempatan lolos ke Liga Europa dengan sepuluh tim yang memasuki kompetisi melalui jalur ini.

Sebagai informasi, Liga Champions dan Liga Europa saat ini masih berlangsung. Pekan depan Liverpool akan menjamu Porto FC pada hari Rabu 7 Maret sebelum Manchester City menghadapi Basel FC pada hari Kamis 8 Maret.

Arsenal akan melawat ke Italia untuk menghadapi AC Milan di Liga Europa pada hari Jumat 9 Maret (kick off pukul 1 dini hari).