Liga Italia

Napoli 2-4 AS Roma: Dzeko Perbesar Kans Juara Juventus

Minggu, 4 Maret 2018 04:48 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Edin Dzeko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Napoli. Copyright: © INDOSPORT
Edin Dzeko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Napoli.

Babak Pertama

Wasit meniup peluit tanda laga antara Napoli vs Roma sudah dimulai. Belum ada semenit, nampak permainan tertutup ditunjukkan oleh tuan rumah yang tidak ingin terburu-buru membangun serangan.

Kehati-hatian Napoli membangun serangan ternyata langsung membuahkan hasil pada menit ke-6. Lorenzo Insigne berhasil membuka keunggulan untuk Napoli di awal pertandingan dengan tembakan kaki kanannya.

Namun hanya butuh satu menit untuk Roma menyamakan kedudukan, yaitu pada menit ke-7 berkat kelihaian Cengiz Under. Pemain muda asal Turki itu melepaskan tendangan kaki kiri dari sisi kanan kotak penalti, gol tersebut berawal dari umpan terobosan yang dilepaskan oleh Radja Nainggolan.

Setelah kedudukan menjadi imbang 1-1, kedua tim tampak lebih berhati-hati setiap menguasai bola. Namun, Napoli lebih sering memberi tekanan pada barisan pertahanan tim tamu, seperti pada menit ke-24 saat sepakan kaki kanan Insigne belum menemui target.

Dua menit berselang dari peluang Napoli, Roma secara mengejutkan mampu meredam suara dukungan suporter tuan rumah berkat gol Edin Dzeko. Memanfaatkan umpan silang dari Alessandro Florenzi, Dzeko menggunakan tinggi badannya untuk menanduk bola dan mengarahkannya ke gawang Pepe Reina. Kedudukan menjadi 2-1 untuk Roma di menit ke-26.

Setelah kedudukan berbalik untuk keunggulan Roma, Napoli terlihat kesulitan untuk membongkar barisan pertahanan tim tamu. Setelah saling jual beli serangan, babak pertama harus berakhir untuk keunggulan sementara Roma.

Babak Kedua

Pertandingan kembali dimulai dengan Roma yang langsung menekan pertahanan Napoli lewat Cengiz under menerima umpan dari Florenzi. Namun sayang, posisi Cengiz lebih dulu berada di posisi offside.

© INDOSPORT
Kevin Strootman (kiri) berebuat bola dengan pemain Napoli. Copyright: INDOSPORTKevin Strootman (kiri) berebuat bola dengan pemain Napoli.

Roma dan Napoli kembali saling jual beli serangan dan laga kembali berjalan dengan ketat. Lebih sering buntu dalam menyerang, Roma pun menarik Cengiz dan menggantinya dengan Gerson pada menit ke-72. Satu menit usai pergantian tersebut, permainan Roma memang lebih hidup dan tampil solid di lini tengah.

Alhasil, pada menit ke-73, Roma berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 berkat tendangan keras Dzeko dari luar kotak penalti. Tendangan keras yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang tidak mampu dibendung oleh Pepe Reina.

Roma terlihat lebih percaya diri setelah gol ketiga mereka, hingga pada menit ke-79 gol kembali tercipta untuk klub Ibu Kota Italia. Diego Perotti berhasil memanfaatkan kesalahan pertahanan Napoli dan menendang bola dengan keras ke gawang Napoli. Keunggulan 4-1 untuk Roma.

Terus menggempur pertahanan tim tamu, Napoli akhirnya berhasil membalas gol balasan pada menit ke-92 berkat sepakan mendatar Dries Mertens dari luar kotak penalti. Tendangan mendatar Mertens mengarah ke sudut kiri gawang Alisson dan kiper asal Brasil tidak mampu menjangkau bola.

Gol balasan Napoli yang membuat kedudukan menjadi 2-4 nampaknya tidak berarti apa-apa. Di mana tak lama setelah gol tersebut, wasit meniupkan peluit tanda laga berakhir. Kemenangan 2-4 untuk tim tamu, dan Napoli saat ini hanya berjarak satu poin dari Juventus, yang memiliki satu laga tunda.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Roma: Alisson; Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov; Nainggolan, De Rossi, Strootman; Cengiz, Dzeko, Perotti

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Mario Rui; Allan, Jorginho, Zielinski; Callejon, Mertens, Insigne