In-depth

Terkuak! Persija Pernah Kalahkan Song Lam Nghe An

Senin, 5 Maret 2018 22:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Persija Jakarta akan menghadapi salah satu klub Vietnam Song Lam Nghe An pada Selasa besok. Copyright: © INDOSPORT
Persija Jakarta akan menghadapi salah satu klub Vietnam Song Lam Nghe An pada Selasa besok.

Persija Jakarta akan bersua wakil Vietnam Song Lam Nghe An dalam laga ketiga di Grup H Piala AFC 2018. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada Selasa (06/03/18) malam di Vinh Stadium.

Pertandingan antara Persija melawan Song Lam Nghe An ternyata pernah terjadi pada 17 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2001. Pertandingan itu menjadi yang pertama kalinya untuk kedua klub dalam ajang internasional.

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Prediksi Song Lam Nghe An vs Persija Jakarta Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.comPrediksi Song Lam Nghe An vs Persija Jakarta

Pertemuan Persija dan Song Lam Nghe An terjadi dalam ajang Brunei Invitation Cup. Pada saat itu Brunei Invitation Cup mengundang tujuh klub, seperti Persija Jakarta (Indonesia), Pahang (Malaysia), Song Lam Nghe An (Vietnam), BAFA XI (Brunei Darussalam), BEC-Tero Sasana (Thailand), Happy Valley (Hongkong) dan satu klub Singapura yang mengundurkan diri.

Turnamen tersebut berlangsung di Stadion Utama Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam. Turnamen itu dilaksanakan pada 24 Agustus sampai 3 September 2001 silam atau lebih tepatnya 11 hari dan dilaksanakan pada sore dan malam hari.

© forumpersija.blogspot.co.id
Skuat Persija Jakarta. Copyright: forumpersija.blogspot.co.idSkuat Persija Jakarta.

Persija Jakarta sendiri masuk ke dalam Grup A bersama Pahang, Son Lam Nghe An, dan BAFA XI. Sedangkan Grup B berisi BEC-Tero Sasana dan Happy Valley (dimana keduanya berhasil lolos ke semifinal otomatis).

Pada laga pertama Persija langsung berhadapan dengan Song Lam Nghe An. Pertandingan pun berlangsung sengit. Apalagi pada tahun 2001 lalu, Persija Jakarta baru saja menjadi juara Liga Indonesia.

Nama-nama seperti Aris Indarto, Warsidi Ardi, Anang Ma'ruf, Washiyatul Akmal, Imran Nahumarury, Luciano Leandro, Widodo C Putro, Budi Sudarsono, hingga Bambang Pamungkas masih melekat di Persija Jakarta.

© Banjamnasin Post
Bako Sadissou Copyright: Banjamnasin PostBako Sadissou.

Di babak pertama sendiri laga berlangsung sangat sengit, bahkan beberapa kali Persija mengancam gawang Song Lam Nghe An. Begitu pula sebaliknya. Namun belum membuahkan hasil yang maksimal.

Namun publik Persija Jakarta bisa bernafas lega usai penyerang Bako Sadissou berhasil membuka keunggulan. Tepatnya di menit ke-30, berkat kerjasama yang apik Bako mampu mengelabui kiper lawan.

© forumpersija.blogspot.co.id
Persija Jakarta. Copyright: forumpersija.blogspot.co.idPersija Jakarta.

Skor menjadi 1-0 untuk Macan Kemayoran. Namun 11 menit berselang Persija Jakarta kembali menggandakan keunggulan. Lagi-lagi Bako Sadissou menjadi aktor protagonis dalam laga tersebut.

Hingga babak pertama usai, Persija unggul 2-0 untuk sementara waktu. Lalu saat babak kedua dimulai, Macan Kemayoran dibuat kaget saat pertandingan baru berjalan empat menit. Gol Song Lam Nghe An dicetak di menit ke-49. Hingga akhir pertandingan skor 2-1 untuk keunggulan Persija.

Dalam ajang tersebut Persija Jakarta berhasil menjadi juara untuk kedua kalinya. Sebab pada tahun 2000 lalu, klub yang berdiri pada 1928 ini juga menyabet gelar juara.

Sehingga jelang laga nanti Persija Jakarta bisa mengulang memori indah kala mengalahkan Song Lam Nghe An. Apalagi pada tahun 2001 Persija memiliki Bambang Pamungkas yang bisa memberikan gambaran bagaimana Macan Kemayoran mengalahkan Song Lam Nghe An.

642