Liga Indonesia

Liga 1 Tetap Jalan saat Piala AFF 2018, Operator Liga Berikan Peringatan untuk Klub Peserta

Senin, 19 Maret 2018 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 telah memastikan liga kasta atas Tanah Air tetap berjalan saat gelaran Piala AFF 2018 pada November mendatang. CEO LIB, Risha Adi Wijaya mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan federasi sepakbola Indonesia, PSSI.

"AFF Liga 1 tidak berhenti seperti 2016, nanti ada skema khusus untuk koordinasi dengan PSSI. Sebelum mengeluarkan jadwal kita sudah berkoordinasi dan menghitung dari semua jadwal yang terjadi tahun ini untuk membuat satu jadwal," ucapnya.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTKantor PSSI.

"Kita ingin melindungi mengenai kepentingan klub kemudian kedua kompetisi itu sendiri  (Liga 1). Jadi terkait dengan AFF tentunya ada bagian yang sudah kita pikirkan dan berkoordinasi dengan PSSI.

Masih terkait Piala AFF November nanti, PT LIB juga memberikan peringatan untuk klub peserta Liga 1 agar kooperatif dengan PSSI sehubungan dengan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

Risha Adi mengatakan setiap klub kemungkinan paling banyak menyumbangkan tiga hingga empat pemain untuk masuk ke Skuat Garuda.

© Jawa Pos
Risha Adi Wijaya Copyright: Jawa PosRisha Adi Wijaya

"Siapapun atau klub manapun yang dipanggil, apapun secara regulasi klub harus melepaskan ke Timnas karena ujungnya kompetisi adalah menuju Timnas yang baik secara kualitas,"  ujarnya.

"Kita tidak mengandai-andai tapi kalau melihat semua kemampuan pemain muda saat ini cukup merata, kalau dibandingkan dua musim lalu usia 23 itu hanya dari enam klub, tahun sebelumnya tahun 2017 itu ada 15 klub yang menyumbangkan pemainnya untuk Timnas. Dan saya percaya tidak lebih dari tiga atau maksimal empat pemain yang dipanggil, itu paling maksimal," tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono telah menjelaskan sistem atau jadwal pertandingan saat Piala AFF yang mulai berlangsung 8 November 2018. Jokdri mengatakan saat itu akan terjadi sedikit perubahan jadwal dengan sistem buka tutup karena ending kompetisi terjadi pada tanggal 2 atau 9 Desember mendatang.

"PSSI akan melakukan pendalaman dalam dua tahap. Pertama, diskusi dengan Timnas Senior. Timnas Senior per hari ini menjadi tahapan kedua setelah Asian Games. Oleh karenanya, penyesuaian terhadap jadwal di putaran kedua khususnya yang overlapping dengan kompetisi di periode November-Desember akan menjadi pembahasan saat masuk putaran kedua," tutup Jokdri.

192