Bola Internasional

Nonton Laga vs Inggris, Fans Kolombia 'Kuasai' London

Rabu, 4 Juli 2018 09:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Ada yang berbeda dengan suasana kota London pada hari Rabu (04/07/18) dini hari WIB, dimana di setiap sudut kota dipenuhi dengan orang-orang berkaos warna kuning. Ya! Mereka adalah penggemar Kolombia yang malam itu berhadapan dengan Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Aktivitas seluruh kota terhenti sementara untuk membiarkan orang-orang menyaksikan pertandingan tersebut. Jalan-jalan kota kosong namun bar dan restoran dipenuhi dengan orang-orang yang mendukung kedua kubu.

Di Elephant and Castle, sebuah sudut kota London, orang-orang Kolombia berkumpul dengan pakaian serba kuning, memenuhi restoran Kolombia kecil, La Bodeguita, untuk menyaksikan laga menegangkan tersebut.

Meskipun Kolombia tertinggal 1-0 dari Inggris dengan Harry Kane melesakkan gol ke gawang lawan pada menit ke-57, mereka masih tetap memadati kawasan tersebut dengan harapan ada keajaiban untuk membalikkan keadaan.

Harapan mereka terkabul setelah Yerry Mina menyarangkan gol penyeimbang di menit-menit akhir pertandingan. Seluruh penggemar Kolombia langsung meledak kebahagiaannya, seperti mereka merayakan gol tersebut di negara sendiri.

“Ini luar biasa, saya merasakan rasa kebanggaan nasional,” kata Hugo, seorang penggemar Kolombia yang berada di London. “Tidak masalah saya di London hari ini, saya merasa berada di Kolombia.”

Menurut laporan dari CNN, setidaknya ada 70 ribu orang Kolombia yang tinggal di Inggris, dengan mayoritas orang Amerika Selatan itu tinggal di London.

Selain di restoran La Bodeguita, penggemar Kolombia juga memadati pub di dekatnya, Lost River di Castle Square, dimana warga Kolombia mengantri di luar untuk mencoba mendapatkan tiket masuk.

© Twitter/London SE1 Community
Penggemar Kolombia memenuhi kota London Copyright: Twitter/London SE1 CommunityPenggemar Kolombia memenuhi kota London

“Ini adalah momen spesial bagi Kolombia dan sepakbola Kolombia,” kata Juan. “Sebagai warga Kolombia yang tinggal di London, (menonton Kolombia) melawan Inggris di sini lebih istimewa… dan saya pikir kami akan menang.”

Namun harapan itu tidak terwujud dengan wasit memberikan tambahan waktu 30 menit untuk adu penalti. Kiper Inggris, Jordan Pickford melakukan penyelamatan menakjubkan dari Carlos Bacca sebelum Eric Dier membukukan kemenangan Three Lions.

Berikut delapan tim yang lolos perempatfinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.