Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Tak Keluarkan Kartu Merah, Wasit di Laga Inggris vs Kolombia Dihujat

Rabu, 4 Juli 2018 10:30 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Jordan Henderson terjatuh usai dilanggar Wílmar Barrios saat Kolombia vs Inggris di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Jordan Henderson terjatuh usai dilanggar Wílmar Barrios saat Kolombia vs Inggris di Piala Dunia 2018.

Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 antara Inggris melawan Kolombia, Rabu (04/07/18) dini hari, menyuguhkan pertarungan yang sengit. Tujuh kartu kuning dikeluarkan oleh wasit, lima di antaranya kepada pemain Kolombia.

Inggris sempat memprotes keputusan wasit Mark Geiger saat Wilmar Barrios melakukan aksi tandukan kepada Jordan Henderson. Alih-alih mendapat kartu merah, Barrios justru hanya diberi peringatan kartu kuning.

Wasit juga tidak tergerak untuk melihat kejadian tersebut secara detail melalui Video Assistant Referee (VAR). Ia lebih memilih untuk mendengarkan pendapat asisten wasit di samping lapangan.

Dilansir dari Metro, wasit senior asal Inggris, Mark Clattenburg, ikut mengomentari keputusan yang diambil oleh Geiger. Menurutnya, wasit harus mempertimbangkan sudut pandang lain dari kejadian (bisa melalui VAR) karena tandukan termasuk dalam pelanggaran keras yang dapat berbuah kartu merah.

“Inggris jelas tidak mendapatkan keadilan dengan adanya VAR,” ungkap Clattenburg.

© Shaun Botterill/Getty Images
Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg. Copyright: Shaun Botterill/Getty ImagesWasit asal Inggris, Mark Clattenburg.

“Jelas sekali Henderson dan pemain Kolombia terlibat adu mulut. Pemain Kolombia menyarangkan kepalanya ke dada Henderson bisa jadi kartu kuning, tetapi kalau sampai ke arah kepala itu termasuk kekerasan dan harus dipertimbangkan,” tambahnya.

Di sisi lain, Clattenburg sepakat dengan keputusan wasit yang tidak memberikan penalti kepada Inggris terhadap aksi Barrios itu. Ia mengatakan bahwa saat itu pertandingan masih dihentikan sehingga tidak bisa dihukum sebagai penalti.

Berikut Tim-tim yang Telah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

 

393