Bola Internasional

Bendera Kontestan Piala Dunia 2018 Masih Berkibar di Jayapura

Kamis, 5 Juli 2018 17:26 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Ratusan Bendera yang masih berkibar di area pemukiman warga di wilayah Dok VIII Pantai. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Ratusan Bendera yang masih berkibar di area pemukiman warga di wilayah Dok VIII Pantai.

Piala Dunia 2018 telah memasuki babak perempatfinal, dengan delapan tim terbaik telah berhasil lolos ke babak tersebut. Bendera-bendera kontestan unggulan pun kian terpancang gagah berderet di antara rumah warga di Kota Jayapura.

Berdasarkan pantauan Indosport.com, Kamis (05/07/2018), bendera milik negara Brasil paling mendominasi di setiap sudut kota Jayapura, bahkan di sejumlah kendaraan yang lalu lalang.

Pasalnya, fans Brasil di Ibukota Provinsi Papua ini paling banyak dan fanatisme itu muncul sudah sejak Piala Dunia 2002 silam.

Tak hanya Brasil, beberapa kontestan lainnya seperti Inggris, Belgia dan Prancis juga ikut mendominasi, karena negara-negara tersebut masih akan bermain di perempat final. Bahkan, bendera Argentina, Jerman dan Portugal juga masih berkibar di beberapa tempat.

Seperti yang terlihat di area pemukiman warga di Kompleks Dok VIII Pantai, Jayapura Utara. Dimana pemandangan tersebut sudah menjadi tradisi sejak perhelatan Piala Dunia sebelum-sebelumnya, dimana warga sekitar merupakan mayoritas penggila bola.

Berdasarkan penuturan salah satu warga bernama Econ, hal ini sudah menjadi tradisi dari para pemukim di kompleks tersebut. Tidak hanya yang tua, yang muda pun ikut meramaikan semarak pesta sepakbola terbesar di dunia ini.

© Sudjarwo/INDOSPORT
Bendera Brasil masih mendominasi dagangan musiman di area trotoar Kota Jayapura. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTBendera Brasil masih mendominasi dagangan musiman di area trotoar Kota Jayapura.

“Ini sudah seperti jadi tradisi disini. Tiap Piala Dunia pasti bendera-bendera kontestan berkibar. Satu rumah saja bisa memasang sampai tiga bendera, karena orang tua dan anak-anaknya memilih jagoan yang berbeda,” ujarnya.

Sebagian besar warga pun dengan sukarela merogoh kocek sendiri untuk menjahit bendera para tim favoritnya. Dan sebagian lainnya pun rela membeli bendera-bendera yang di jual di trotoar Kota Jayapura. 

Suasana ini pun diperkirakan masih terus menghiasi pemandangan Kota Jayapura hingga perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia berakhir.

Sekadar informasi, perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia telah menyisakan delapan tim terbaik. Mereka bakal berlaga mulai Jumat malam demi tiket ke semifinal.

Timnas Uruguay dan Prancis akan membuka persaingan babak delapan besar. Pertandingan itu rencananya akan digelar, di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (06/07/18) malam WIB.

Berikut Jadwal Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA