Bola Internasional

Terbongkar, Barcelona Pernah Beli Hati Ilegal untuk Abidal

Kamis, 5 Juli 2018 10:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Mantan presiden Barcelona, Sandro Rosell, secara tidak sengaja telah membongkar kebobrokan mantan klub yang pernah dipimpinnya tersebut. Pasalnya, ia telah mengaku membeli hati ilegal untuk mantan penggawa Blaugrana, Eric Abidal.

Rusell sendiri saat ini tengah berada di balik jeruji penjara terkait dengan berbagai kasus penipuan pajak, namun juga terancam menghadapi tuntutan atas perdagangan organ ilegal beberapa tahun silam.

Menurut laporan El Condidencial, yang dilansir Football Espana, Rusell telah mengakui melalui telepon bahwa dirinya telah membeli hati untuk Abidal, yang didiagnosis menderita kanker hati pada 2011.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Rekaman pengakuan tersebut kemudian disahkan ke Pengadilan Tinggi Nasional di Madrid, dimana Rosell sedang  diselidiki untuk pencucian uang.

Perlu diketahui bahwa Spanyol telah melarang perdagangan dan transplantasi organ-organ yang diperoleh secara ilegal sejak 2010. Pelakunya bisa mendapatkan hukuman antara enam hingga 12 tahun penjara.

Berdasarkan penyelidikan tersebut, Pengadilan Tinggi Daerah di Catalunya mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu pagi yang menyatakan bahwa ‘tidak ada kejahatan atau terduga pelaku yang dapat diidentifikasi’ sebelum akhirnya menurut penyelidikan lebih awal.

© internet
Caption Copyright: internetEric Abidal saat masih memperkuat Barcelona.

Pria berusia 53 tahun itu sebelumnya juga dituduh membantu pencucian uang sebesa 15 juta euro atau senilai Rp216 miliar melalui tax havens di antara tahun 2007 dan 2011, kemudia ditangkap tahun lalu terkait dengan membeli hak televisi untuk pertandingan Brasil.

Rosell yang menjabat sebagai presiden klub Barcelona pada 2010 telah menyangkal tuduhan tersebut;. Ia juga diadili dalam kasus terpisah terkait dengan penandatanganan Neymar dari Santos pada tahun 2013. Sementara Abidal kini menjadi Direktur Sepakbola di Blaugrana.

Berikut Jadwal Perempatfinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.