Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Kroasia Kena Denda FIFA Rp1 Miliar, Ini Penyebabnya

Jumat, 6 Juli 2018 08:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Kroasia merayakan gol Mario Mandzukic. Copyright: © Getty Images
Kroasia merayakan gol Mario Mandzukic.

Kroasia tengah bersiap untuk berlaga di perempatfinal melawan tuan rumah Rusia di Piala Dunia 2018 pada hari Sabtu (07/07/18).

Sayangnya, persiapan tersebut terguncang oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang menjatuhkan hukuman kepada Federasi Sepakbola Kroasia (NHS) baru-baru ini.

Komite Disiplin FIFA dikabarkan telah menjatuhkan denda kepada NHS senilai lebih dari 70 ribu dolar AS atau sekitar Rp1 miliar dikarenakan telah melanggaran aturan media dan pemasaran selama Piala Dunia di Rusia.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Menurut FourFourTwo, pelanggaran tersebut diidentifikasi setelah seorang anggota Timnas menunjukkan produk minuman yang tidak disetujui beredar selama babak 16 besar melawan Denmark di Nizhny Novgorod pada hari Minggu (01/07/18).

Dalam dokumen peraturan FIFA memang disebutkan bahwa, Timnas atau perusahaan dilarang melakukan pemasaran produk yang tidak terdaftar di FIFA untuk Piala Dunia demi mendapatkan keuntungan dan profil tinggi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

© INDOSPORT
Danijel Subasic Copyright: INDOSPORTDanijel Subasic

Tidak hanya hukuman denda saja, Komite Disiplin juga telah memberikan peringatakan kepada Kroasia terkait dengan kiper mereka, Danijel Subasic, yang menunjukkan foto pribadi setelah Kroasia menang adu penalti 3-2 atas Denmark.

Perlu diketahui bahwa selama bertahun-tahun, Subasic telah mengenakan kaos di bawah jerseynya dengan gambar mantan rekan setimnya Hrvoje Custic yang meninggal secara tragis akibat menabrak dinding beton selama pertandingan.

Di atas gambar tersebut, tertulis kata ‘Selamanya’.

Bukan pertama kalinya Kroasia mendapatkan denda di Piala Dunia musim panas ini. Denda sebesar 13 ribu dolar AS atau setara Rp187 juta juga dijatuhkan atas perilaku penggemar selama pertandingan Grup D melawan Argentina.

Para penggemar diketahui telah melakukan perkelahian, dan melempatkan barang-barang ke lapangan.

Semoga saja hukuman ini tidak membuat Kroasia kehilangan fokus di Piala Dunia kali ini. Pasalnya, tim Kuda Hitam itu sedang menikmati masa kebangkitan sejak kesuksesan mereka di Piala Dunia 1998.

Berikut Jadwal Lengkap Babak 8 Besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Jumat (06/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA