Liga Indonesia

Kalah dari Arema, Persela Salahkan Libur Lebaran

Minggu, 8 Juli 2018 08:35 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muammad Effendi/INDOSPORT
Suasana latihan pemain Persela Lamongan. Copyright: © Muammad Effendi/INDOSPORT
Suasana latihan pemain Persela Lamongan.

Jeda libur saat Lebaran hingga dua pekan, menimbulkan permasalahan cukup serius bagi Persela Lamongan. Hal itu tergambar lewat kekalahan tipis 0-1 saat menantang Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (07/07/18) sore.

Permasalahan itu pun diakui sendiri oleh Aji Santoso, setelah melihat performa anak asuhnya. Sentuhan permainan taktis Shohei Matsunaga dkk terpaut jauh dibanding saat mereka berlaga sebelum menjalani libur Lebaran.

"Ini memang menjadi masalah bagi tim ini. Performa yang sangat berbeda dibandingkan saat kami menjalani pekan pertama sampai ke-13 Liga 1 2018," papar Pelatih Persela Lamongan itu.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Jeda yang cukup panjang, menimbulkan kondisi fisik pemain tidak prima lantaran aktifitas latihan yang kurang. Sementara program latihan yang sudah disusun terasa kurang optimal, karena tidak dipantau oleh eks pelatih Timnas U-23 tersebut.

"Setelah kembali latihan, saya juga sempat meninggalkan tim untuk kursus kepelatihan (lisensi AFC Pro selama satu pekan). Ini akan menjadi bahan evaluasi kami," paparnya.

© perselafootball
Pelatih Kepala Persela Lamongan, Aji Santoso saat konferensi pers. Copyright: perselafootballPelatih Kepala Persela Lamongan, Aji Santoso saat konferensi pers.

Anjloknya kebugaran fisik itu tercermin dengan sering hilangnya sentuhan para penggawa Persela. Koordinasi permainan juga kerap terputus, sehingga permainan sempat dikurung Arema nyaris sepertiga pertandingan.

"Beberapa pemain memang kurang fit, seperti Loris Arnaud dan Diego Assis. Gol dari Arema pun sangat tidak terduga. Tapi tidak masalah, karena ini lah sepakbola," pungkasnya.

Berikut drawing semifinal Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.