Liga Spanyol

Jadi Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique Harus Tiru Zidane

Kamis, 12 Juli 2018 22:35 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Luis Enrique saat masih melatih Barcelona. Copyright: © Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Luis Enrique saat masih melatih Barcelona.

Terpilihnya Luis Enrique sebagai pelatih baru Timnas Spanyol setelah dipecatnya Fernando Hierro diharapkan dapat membuat banyak perubahan pada La Roja.

Dilansir Marca, Enrique harus meniru gaya kepemimpinan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, yang berhasil keluar dari masa krisis dibawah asuhan Rafa Benitez sejak awal tahun 2016 lalu.

Zidane berhasil mecontohkan diri sebagai pemain dan pelatih hebat. Meski sempat menjadi keraguan besar oleh semua orang namun ia berhasil menunjukan bahwa ia memang pantas.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Ia juga tahu bagaimana harus bertindak di ruang ganti klubnya, dan mengayomi penggawanya dengan baik. Selain itu menjadi pelatih juga harus dapat menjadi seorang juru bicara bagi klub, Zidane berhasil dengan ketenangan dan kebijakannya di depan media.

Sedangkan Enrique merupakan seorang pelatih yang berkomitmen, pekerja keras dan berjiwa pemimpin yang besar. Namun terdapat hal yang harus dibenahi dari Enrique dan Spanyol, yaitu hubungan mereka dengan media.

La Roja bukanlah klub yang memiliki hubungan baik dengan media dan menjadi juru bicara yang baik adalah wajib bagi seorang pelatih. Pelatih harus ramah, tenang, tanpa dan sangat berorientasi pada pada publik.

Jika Enrique mampu belajar dari Zidane untuk lebih bersahabat lagi dengan media, saya pikir kita bisa mempercayainya sebagai pelatih untuk sementara waktu.

Ini bukan masalah profil, namun sebagai bukti bahwa pelatih timnas harus dekat dan kolaboratif dengan lingkungannya, dan media adalah bagian yang relevan.

Berikut babak final Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA.