Bola Internasional

(KUIS) Prediksi Pertandingan Final Piala Dunia 2018: Prancis vs Kroasia

Jumat, 13 Juli 2018 18:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Prancis vs Kroasia. Copyright: © INDOSPORT
Prancis vs Kroasia.

Prancis dan Kroasia akan saling berhadapan untuk membuktikan siapa yang terbaik di planet bumi dalam final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Rusia, Minggu (15/07/18) pukul 22:00 WIB. 

Prancis berhasil melaju ke babak final usai mengandaskan tim kuda hitam, Belgia, dengan skor tipis 1-0. Samuel Umtiti berhasil menjadi penentu melalui gol sundulannya di menit ke-51. 

Sementara itu Kroasia berhasil lolos ke partai puncak usai menundukkan tim unggulan, Inggris, dengan skor 2-1. Mario Mandzukic menjadi pahlawan melalui golnya di babak extra time

Laga final Piala Dunia 2018 nanti bakal jadi pertemuan keenam kedua tim sepanjang sejarah. Sebagai catatan, Kroasia belum pernah menang melawan Prancis. Dari lima kali pertemuan, Prancis menang tiga kali, dan sisahnya berakhir imbang. 

© INDOSPORT
Prancis vs Kroasia (Susunan Pemain dan Lima Laga Terakhir). Copyright: INDOSPORTPrancis vs Kroasia (Susunan Pemain dan Lima Laga Terakhir).

Prancis lebih diunggulkan di pertandingan ini. Selain skuat yang lebih baik, Timnas Prancis memiliki pengalaman berada di partai sepenting final Piala Dunia. 

Sudah tiga kali Tim Ayam Jantan ada di partai puncak. Sementara tahun ini menjadi yang pertama kali bagi Kroasia. 

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, sendiri adalah mantan peraih juara Piala Dunia di tahun 1998 ketika masih aktif bermain. 

Prancis diprediksi tak akan melakukan perubahan besar di formasi tim. Di final nanti, Deschamps dapat menurunkan skuat terbaiknya. 

Hampir semua pemain kunci yang berjasa membawa mereka ke final dapat bermain di laga ini. Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Olivier Giroud siap menjadi kekuatan utama di lini depan Prancis. Hanya Matuidi yang kondisinya masih meragukan.

Sementara itu salah satu gelandang top dunia, Paul Pogba, siap menopang di lini tengah bersama Kante. Di barisan belakang, Prancis juga tak menemui kendala sama sekali untuk menurunkan Varane dan Umtiti. 

Di kubu Kroasia, ada dua pemain yang sedikit diragukan tampil yaitu Mario Mandzukic dan Ivan Strinic. Keduanya mengalami sedikit cedera di laga sebelumnya. Namun, besar kemungkinan kondisi mereka cukup fit untuk turun di final nanti. 

Sementara sisahnya, Kroasia dapat menurunkan penggawa terbaiknya seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Ivan Perisic yang tampil apik di laga melawan Inggris. 

Laga ini sudah pasti akan ketat. Kedua tim memainkan level permainan yang sama. Konsentrasi dan keberuntungan sangat menentukan di laga ini. Prancis bisa jadi menang dengan skor tipis. 

Fakta-fakta Prancis

- Termasuk di Piala Dunia 2018, Prancis telah 3 kali merasakan final Piala Dunia. 

- Prancis belum pernah kalah atas Kroasia

- Prancis belum pernah terlibat dalam drama adu penalti di semua kompetisi sejak terakhir di final Piala Dunia 2006.

Fakta-fakta Kroasia

- Laga ini akan menjadi final pertama Kroasia di Piala Dunia.

- Dengan penduduk hanya 4,2 juta, Kroasia menjadi negara terkecil di final Piala Dunia selama 68 tahun terakhir.

- Kroasia menjadi tim kedua dalam sejarah Piala Dunia yang memenangi adu penalti secara beruntun. Rekor itu didapatkan saat menang atas Rusia dan Denmark di Piala Dunia 2018. 

Fakta Kedua Tim

- Kedua tim sudah 5 kali bertemu di mana Prancis tak terkalahkan dengan 3 kemenangan dan 2 kali imbang. 

- Pertemuan terakhir kedua tim terjadi 20 tahun lalu di semifinal Piala Dunia 1998. 

- Pelatih Prancis, Didier Deschamps, pernah berhadapan dengan Kroasia sebagai pemain di Piala Dunia 1998. 

© INDOSPORT
Prancis vs Kroasia Komentar prediksi. Copyright: INDOSPORTPrancis vs Kroasia Komentar prediksi.

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

9