Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Jerman Harusnya Tak Perlu Panggil Ozil dan Gundogan

Minggu, 15 Juli 2018 13:05 WIB
Penulis: Rafi'a Ali Akbar | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan, dua gelandang tengah Timnas Jerman di Piala Dunia 2018 duduk di bangku cadangan. Copyright: © Getty Images
Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan, dua gelandang tengah Timnas Jerman di Piala Dunia 2018 duduk di bangku cadangan.

Mantan pelatih Bayern MunchenOttmar Hitzfeld memberikan komentarnya terhadap penampilan dua gelandang tengah Timnas Jerman, Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan di Piala Dunia 2018.

menurutnya, Ozil dan Gundogan sama-sama mendapat tekanan yang lebih daripada pemain Der Panzer lainnya, lantaran beberapa hari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, mereka menjadi pusat perhatian masyarakat Jerman karena berfoto dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang dianggap penuh kontroversi.

Kala itu, Ozil dan Gundogan yang memiliki darah Turki berfoto bersama Erdogan juga dengan penggawa Everton berkebangsaan Turki juga, yakni Cenk Tosun.

© INDOSPORT
Mesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan. Copyright: INDOSPORTMesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan.

Tak ayal, fans Timnas Jerman pun memberikan cemooh kepada Ozil dan Gundogan dan hal ini membuat keduanya dianggap memiliki tekanan.

Menurut Hitzfield, seharusnya kedua pemain tersebut tak perlu dipanggil karena membuat bisa memengaruhi kinerja Timnas Jerman di Piala Dunia 2018.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

"Saya percaya bahwa Ozil dan Gundogan tidak dapat membantu Jerman untuk menjuarai Piala Dunia, karena mereka berada di bawah tekanan," katanya kepada Sport Buzzer.

"Dalam pandangan saya, seharusnya mereka dilindungi dan dan tidak mengajak mereka masuk ke dalam tim. Hal itu pasti memengaruhi tim. Para pemain terus-menerus dihadapkan dengan masalah itu," tambahnya.

© ZIMBIO
Caption Copyright: ZIMBIOOttmar Hitzfiled (kanan) mantan pelatih Munchen yang terakhir kali melatih Timnas Swiss.

Dampaknya, Timnas Jerman benar-benar tampil melempem dan harus puas tak dapat melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2018 lebih lama karena mereka tak lolos fase grup.

Hal ini juga membuat Timnas Jerman kembali menuai kritikan mengingat mereka adalah juara bertahan di kompetisi tersebut.

 
325