Bola Internasional

Heboh! Gol Bunuh Diri Mandzukic Harusnya Dianulir karena Hal Ini

Senin, 16 Juli 2018 19:27 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Mario Mandzukic mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Mario Mandzukic mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia 2018.

Mario Mandzukic banyak disalahkan atas kekalahan Kroasia dari Prancis dalam final Piala Dunia 2018 semalam. Ia membuat kesalahan fatal dengan menyundul bola ke gawang negaranya sendiri. Namun semestinya ia tak perlu dihujat.

Pertandingan di babak pertama baru berjalan 18 menit, ketika Antoine Griezmann mendapat tendangan bebas di luar kotak penalty Kroasia. Ia sepertinya menyasar ke arah Paul Pogba dan Raphael Varane agar bisa berbuah gol.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

Sialnya, bola tersebut tak bisa digapai Pogba maupun Varene. Mandzukic yang ingin menjadi penolong, malah menyundul bola ke gawangnya sendiri dan berbalik memberi Les Blues satu gol.

Namun dilansir dari Sportbible, seharusnya gol Mandzukic ini tidak dianggap sah karena ada pelanggaran tak terlihat yang terjadi saat itu.

Beberapa orang bermata tajam menyadari bahwa sebenarnya ada bola kedua di lapangan. Bila mengikuti aturan, permainan seharusnya dihentikan dan tendangan bebas harus kembali diulang. Gol yang tercipta pun harusnya dianulir.

Tentu saja insiden itu terlewatkan dan permainan kembali di lanjutkan. Ivan Perisic tak lama setelah itu mampu membalas ketertinggalan.

Sayangnya, Perisic melakukan hands ball sehingga berbuah penalti yang dieksekusi sempurna oleh Griezmann dan membuat Prancis kembali unggul.

Les Blues kemudian berhasil mencetak gol tambahan melalui Pogba dan Kylian Mbappe. Kesalahan Hugo Lloris membuat Mandzukic memperkecil ketertinggalan.

Sayangnya, hingga peluit akhir dibunyikan, Kroasia tertinggal 2-4 dan harus puas menjadi runner-up.

Selamat! Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA