Bola Internasional

Legenda Man United Kecam Wasit yang Beri Prancis Penalti

Senin, 16 Juli 2018 14:57 WIB
Penulis: Hesti Puji Lestari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Nestor Pitana. Copyright: © Getty Images
Nestor Pitana.

Pada laga final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis dan Kroasia, wasit yang memandu jalannya pertandingan, Nestor Pitana menuai kritikan. Pasalnya, Pitana memberikan Prancis kesempatan mencetak gol melalui titik putih.

Dilansir dari The Sun, mulanya Pitana memberikan kesempatan kepada Antoine Griezmann tendangan bebas. Namun, setelah melihat VAR, dirinya menunjuk titik putih karena menganggap Ivan Perisic melakukan handball di menit 38.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA  

Hal inilah yang mengundang pendapat dari Roy Keane, menurutnya, tak seharusnya wasit menunjuk titik putih atas kejadian tersebut. "Sepak bola adalah pertandingan terhebat di planet ini tetapi keputusan [penalti] itu membuat saya jijik, benar-benar membuat saya jijik," ungkap Keane kepada ITV.

"Para pemain Kroasia pantas mendapatkan yang lebih baik dari itu. Itu adalah keputusan yang konyol dan saya marah. Itu adalah keputusan yang memalukan. Wasit itu tidak pernah bermain sepak bola, saya yakin itu," tambahnya.

Dalam kritikan ini, Keane sampai menyebut Pitana sebagai seorang idiot. Pasalnya, Perisic tak melihat bola karena terhalang oleh Blaise Matuidi sehingga tak seharusnya membuahkan penalti.

"Kita harus berbicara tentang para pemain dan kualitasnya, tetapi kita harus membicarakan tentang si bodoh ini."

"Perisic ditangani di area tersebut dari sudut tetapi pandangannya tentang bola terhalang oleh Blaise Matuidi," ungkap Keane seperti dikutip dari The Sun.

Selamat! Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA