Bola Internasional

Bukan Prancis, Belgia Buat Thierry Henry Berhenti Jadi Pandit

Selasa, 17 Juli 2018 12:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Asisten pelatih Belgia, Thierry Henry (tengah). Copyright: © Getty Images
Asisten pelatih Belgia, Thierry Henry (tengah).

INDOSPORT.COM - Thierry Henry secara mengejutkan mengabarkan akan meninggalkan tugasnya sebagai cendekiawan Sky Sports dan beralih profesi menjadi manajer sepak bola.

Mantan pemain Arsenal dan pemenang Piala Dunia bersama Prancis di tahun 1998 itu meninggalkan Sky Sports setelah tiga tahun mengabdi dan ingin fokus pada karier kepelatihannya.

Keputusan ini rupanya diambil sejak dirinya menjadi asisten pelatih manajer Belgia, Roberto Martinez, dan membantu mereka menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2018 pekan lalu, demikian menurut Sportsmole.

Selain itu keberhasilan Prancis di Rusia telah mendorong pria berusia 40 tahun itu lebih memilih untuk menikmati waktunya di lapangan pelatihan, sehingga memutuskan untuk keluar sebagai penyiar olahraga.

Henry melalui akun Twitternya menyampaikan keputusan itu, dengan mengatakan bahwa ia memiliki tekad yang besar untuk menjadi seorang manajer.

“Selama empat tahun terakhir, saya memiliki pengalaman melatih yang sangat berharga dalam sepakbola. Pengalaman ini malah membuat saya lebih bertekad untuk memenuhi ambisi jangka panjang saya untuk menjadi seorang manajer sepakbola.”

“Dengan berat hati, karena itu, saya memutuskan bahwa saya harus meninggalkan Sky Sports untuk memungkinkan saya menghabiskan lebih banyak waktu di lapangan dan berkonsentrasi pada perjalanan saya untuk mencapai tujuan itu,” lanjut Henry. 

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Sky karena membuat saya merasa sangat disambut dan merasa nyaman sepanjang waktu saya dengan mereka dan saya berharap yang terbaik untuk mereka di masa depan. Kenangan yang luar biasa.” 

Mengenai karier kepelatihannya tersebut, Henry sebelumnya juga pernah dikaitkan dengan tugas di Arsenal, namun Unai Emery akhirnya terpilih menggantikan Arsene Wenger menukangi The Gunners awal musim ini.