Bola Internasional

Mandul di Piala Dunia 2018, Giroud Jawab Kritikan

Selasa, 17 Juli 2018 09:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Olivier Giroud selebrasi kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Olivier Giroud selebrasi kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018.

Prancis akhirnya memenangkan Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kroasia 4-2 di final, Minggu (15/07/18) lalu. Meski ini sebuah keberhasilan, striker Olivier Giroud tak lepas dari kritikan yang mengatakan dirinya tidak mencetak gol.

Namun Giroud mengatakan bahwa dirinya lebih senang mengabaikan kritiknya dan menjadikannya motivasi untuk membantu Prancis memenangkan Piala Dunia.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA  

Tiga rekannya, Antoine Griezmann, Paul Pogba, dan Kylian Mbappe sukses mencuri perhatian dengan masing-masing satu gol untuk kemenangan 4-2 atas Kroasia di Stadion Luzhniki.

Sedangkan Giroud mengakhiri turnamen tanpa menorehkan catatan gol untuknya dan akhirnya menyebabkan striker Chelsea itu menuai banyak kritikan lantaran dengan tenangnya mengangkat trofi Piala Dunia.

Namun Giroud telah mengatakan bahwa kritiknya tersebut sebenarnya memotivasi dirinya untuk melalui kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama kariernya.

“(Kritik) ini memotivasi saya untuk menjadi lebih baik dan lebih baik dan melalui kesulitan-kesulitan ini dan itulah yang terjadi dalam hidup ketika Anda benar-benar termotivasi, teguh, berkomitmen, tidak pernah goyah,” tutur Giroud dilansir Daily Mail.

Berbicara mengenai kritiknya itu, Giroud mengakui bahwa ia kerap mendapatkannya setiap tahun baik ketika bertugas untuk negara maupun untuk klub.

No, no, no, (saya tidak merasa lebih dihormati di Prancis) karena saya tidak hanya dikritik di klub tetapi juga di Prancis,” kata mantan striker Arsenal itu.

“Misalnya, saya tidak mencetak gol di Piala Dunia. Saya menerima banyak pesan dari orang-orang yang mengenal sepakbola dengan baik, dan dari para pendukung Prancis,” ujarnya. “Mereka melihat pekerjaan yang saya lakukan untuk tim dan banyak orang berharap saya mencetak gol di final.”

“Saya katakan 'ya, saya harap begitu, tetapi jika saya tidak mencetak gol dan kami menjadi juara dunia, itu akan menjadi hal terbaik yang telah terjadi dalam hidup saya' jadi saya tidak tahu apakah saya bisa memiliki kesempatan lagi. Saya berusaha bekerja untuk tim dan saya tahu apa yang bisa saya bawa ke tim,” jelasnya.

Dengan catatan bermain selama 546 menit di Rusia, pemain berusia 31 tahun itu melakukan 13 upaya untuk membobol gawang tanpa membuahkan gol, sementara dua rekannya, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann, masing-masing mengantongi empat gol.

Selamat! Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA