Liga Indonesia

PSM Makassar Berpeluang Menang Tanpa Keringat di Piala Indonesia

Rabu, 18 Juli 2018 14:14 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Hasim Kipuw dan Robert Rene Alberts di sesi konferensi pers. Copyright: © Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Hasim Kipuw dan Robert Rene Alberts di sesi konferensi pers.

INDOSPORT.COM - Laga pembuka Piala Indonesia zona 15 antara PSM Makassar melawan Sidrap United, batal terlaksana. Pihak Sidrap United mengundurkan diri dari Piala Indonesia.

Pertandingan yang rencananya terselanggara di Stadion Mattoanging, Kamis (19/07/18) dibatalkan. Sebab, tim Sidrap United secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri dari Liga 3 kepada PSSI.

Dengan pengduruan diri Sidrap United dari kompetisi sepak bola kasta ketiga tersebut. Secara otomatis menggugurkan klub yang berjuluk Laskar Gamggawa ini di Piala Indonesia 2018.

"Sidrap United mengundurkan diri dari kompetisi liga 3. Karena itu, pertandingan tanggal 19 Juli nanti resmi dibatalkan. Kami tahu itu melalui surat PSSI yang baru saja diterima PSM," ujar Sekertaris PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina.

Pertandingan antara PSM Makassar melawan Sidrap United rencananya akan memperubutkan tiket 64 besar di Piala Indonesia.

Namun karena batal, PSM Makassar kemungkinan besar menang dengan status WO. Atau dengan kata lain lolos ke fase selanjutnya tanpa harus bertanding.

Meski demikian, belum ada kepastian mengenai hal tersebut. PSM Makassar masih menungu keputusan resmi dari PSSI terkait hal tersebut.

" Isi surat belum ada info soal itu. Isi nya cuman pembatalan saja," tambahnya.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menjelaskan bahwa Sidrap United gagal ikut Piala Indonesia karena alasan belum mampu mempersiapkan tim.

Selaim itu, ada juga faktor lain seperti yakni regulasi Piala Indonesia mengacu pada kompetisi Liga 3 Indonesia. Dimana Laskar Ganggawa tidak ikut serta dalam kompetisi tersebut.

Batalnya pertandingan itu memberikan keuntungan tersendiri bagi PSM Makassar. Sebab, tim berjuluk Juku Eja ini memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan jelang laga terakhir putaran pertama melawan PSMS Medan, Minggu (23/07/18).

Saat ini PSM Makassar berada di puncak klasemen dengan 28 poin. Sementara tim Ayam Kinantan berada di dasar klasemen sementara Liga 1 Indonesia.