Liga Indonesia

Upaya Uni Papua Menancapkan Kukunya di Amerika Serikat

Selasa, 24 Juli 2018 16:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Uni Papua
IDGen Uni Papua Indonesia di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Copyright: © Uni Papua
IDGen Uni Papua Indonesia di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Komunitas sepak bola sosial, IDGen Uni Papua FC semakin melebarkan sayapnya di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, setelah setahun lebih eksis sebagai wadah kumpulnya mahasiswa Indonesia dan juga beberapa mahasiswa Amerika serikat, di Los Angeles, California.

Eksistensi itu kian dimantapkan dengan agenda pembentukan kepengurusan di wilayah tersebut dalam waktu dekat, guna mendukung visi misi sepak bola sosial IDGen Uni Papua Indonesia yaitu pembentukan karakter, menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan persatuan.

IDGen Uni Papua di Los Angeles, setidaknya telah dua kali memboyong Piala turnamen antar mahasiswa di Riverside, California, dan kegiatan yang diadakan oleh Permias. Sekiranya ada 15 mahasiswa dari Papua yang sedang menjalankan studi di daerah California telah bergabung di Uni Papua cabang Los Angeles.

"Kami merasakan semangat baru serta meminta dukungan berbagai pihak untuk mendukung generasi muda Indonesia untuk berkiprah dalam hal yang positif melalui sepak bola," ujar Ray Suoth, perwakilan Masyarakat Indonesia yang membawa gerakan sepak bola sosial ke Los Angeles, lewat siaran pers, Selasa (24/07/18). 

Rini S. Modouw, Mahasiswa pasca sarjana asal Papua yang menjadi salah satu pilar gerakan Uni Papua FC di Los Angeles menyatakan harapan yang besar dan optimismenya, bahwa mahasiswa Papua akan berhasil jika diberikan wadah yang baik, dan juga pendampingan bagi Mahasiswa Papua yang akan melanjutkan studi, khususnya di Amerika Serikat. 

"Komunitas Sepakbola Uni Papua siap untuk menjadi rumah kedua bagi anak-anak Indonesia yang berasal dari manapun, khususnya dari Papua," terangnya.

© Uni Papua
IDGen Uni Papua Indonesia di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Copyright: Uni PapuaIDGen Uni Papua Indonesia di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Sementara itu, komunikasi dengan Pihak Konsulat Jenderal RI di Los Angeles juga telah dibangun dengan baik, dan dalam waktu dekat susunan pengurus periode 2018-2020 akan diresmikan oleh Konsulat Jenderal RI, Simon Soekarno.

“IDGen Uni Papua Indonesia di Los Angeles akan menjadi pendukung utama kampanye sepak bola perdamaian Indonesia di Amerika Serikat dan mempromosikan talenta anak-anak Indonesia melalui sepak bola," ujar Harry Widjaja, Founder and CEO Uni Papua FC.

"Tahun 2019 nanti, mereka akan mempersiapkan kejutan besar, friendly match dengan klub sepakbola terkenal di Los Angeles. Pertemuan pertama telah dilakukan dan rencana ini akan terus segera dimatangkan,” tambahnya.

156