Bola Internasional

Southgate Masuk Nominasi Pelatih Terbaik di Dunia

Rabu, 25 Juli 2018 04:03 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Gareth Southgate. Copyright: © Getty Images
Gareth Southgate.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, terpilih menjadi nominasi pelatih terbaik tahun 2018 setelah mendampingi The Three Lions di Piala Dunia 2018.

Dilansir dari The Guardian, pelatih berusia 47 tahun itu bersanding dengan nama lain seperti pelatih Kroasia, Didier Deschamps. Dari sekian nama pelatih yang dipilih FIFA, hadir pula nama pelatih dari Liga Primer Inggris seperti Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Selama lebih dari 25 tahun, Inggris belum pernah mencapai semifinal Piala Dunia. Berkat pendampingan Southgate, The Three Lions bangkit kembali dalam perhelatan akbar terbesar di dunia itu. 

Southgate menggantikan Sam Allardyce pada tahun 2016 setelah kasus investigasi pencucian uang terungkap media, dan caranya melatih Timnas Inggris memberikan gebrakan tersendiri.

Ia berani mengutus pemain muda, bahkan dari tim yang tidak termasuk Top 4 di Liga Primer Inggris untuk membela Negeri Ratu Elizabeth ke Rusia. Southgate juga bermitra dengan seorang psikolog untuk memberikan sensasi tersendiri bagi skuatnya. 

Southgate juga terkenal sederhana dalam memperlakukan timnya. Ketika negara lain turut merayakan kehadiran pahlawan mereka di bandara, Southgate tidak mau membocorkan kedatangan Timnas Inggris ketika datang dari Rusia.

"Ada banyak pembicaraan tentang perayaan, tetapi Gareth Southgate cukup sederhana. Dia sendiri yang mengatakan bahwa itu terlalu berlebihan. Menurutnya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata seorang sumber yang dikutip dari Telegraph.

Sementara itu pelatih lain seperti Jurgen Klopp dianggap kredibel dalam pemilihan ini, setelah berhasil membawa The Reds ke final Liga Champions. Begitu pula dengan gebrakan Pep Guardiola untuk  City yang berhasil merajai Liga Primer Inggris.  

Kenangan Manis Mesut Ozil Bersama Tim Nasional Jerman.

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT.COM dengan topik: ASIAN GAMES 2018.
93