Bola Internasional

Usai Piala Dunia 2018, Putin Berikan Bola Berisikan 'Benda Mencurigakan' ke Donald Trump

Kamis, 26 Juli 2018 13:03 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Usai gelar Piala Dunia 2018, Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan) berikan sebuah bola ke Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Copyright: © Getty Images
Usai gelar Piala Dunia 2018, Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan) berikan sebuah bola ke Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

INDOSPORT. COM - Setelah menggelar kompetisi sepak bola terbesar di planet bumi ini, yakni Piala Dunia 2018, Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan bola yang didalamnya terdapat 'benda mencurigakan' ke Presiden AS, Donald Trump.

Bola yang diberikan Vladimir Putin ke Donald Trump di Helsinki, Finlandia Senin (16/07/18) menarik perhatian. Ternyata karena ada sebuah barang yang tertanam di dalam bola tersebut.

Putin dan Trump memang sedang melakukan pertemuan untuk membahas masalah politik. Namun, untuk mencairkan suasana, Sang Presiden Rusia memberikan oleh-oleh untuk pemimpin Amerika Serikat, yaitu sebuah bola. Ini karena Rusia baru saja menjadi tuan rumah perhelatan bergengsi empat tahunan tersebut.

Seperti biasa, pihak pengawal atau Paspampres-nya Trump pun memeriksa bola hadiah yang diberikan Putin. Hal ini wajar saja karena alasan keamanan dan keselamatan Trump tentu sangat diutamakan sebagai sosok nomor satu di Amerika.

Setelah diperiksa, ternyata bola yang diberikan yang terbuat dari Adidas tersebut didalamnya terdapat chip atau istilahnya Near Field Communication (NFC) chip. Apa fungsinya?

Chip ini ditanam untuk memudahkan komunikasi dengan alat komunikasi yang berada di sekitarnya seperti tablet atau telepon pintar (smartphone). 

"Begitu terhubung dengan alat komunikasi, para fans bisa mengakses informasi mengenai produk, konten sepakbola Adidas, kompetisi dan lainnya," demikian pernyataan perusahaan peralatan olahraga asal Jerman sebagaimana dimuat situs resmi adidas.com dan dilansir Mashable.

© INDOSPORT
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memamerkan bola Piala Dunia 2018 yang diberikan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Copyright: INDOSPORTPresiden Amerika Serikat, Donald Trump memamerkan bola Piala Dunia 2018 yang diberikan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Mengenai apakah barang itu bisa digunakan untuk meretas alat komunikasi terdekat, seperti telepon yang digunakan Trump, Adidas menolak berkomentar. Pihak Gedung Putih juga menolak berkomentar apakah bola itu sudah dimodifikasi, atau dimana hadiah bola itu disimpan. Bola itu diperiksa secara rutin oleh pasukan pengamanan Trump, demikian laporan AP.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%