Liga Indonesia

Terus Dihujani Kritik, Asisten Pelatih Persipura Berikan Respons

Minggu, 29 Juli 2018 16:26 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho.

INDOSPORT.COM - Belum lama ini, asisten pelatih Persipura, Tony Ho harus menjadi korban kritikan dari publik pecinta Persipura pasca kegagalan meraih tiga poin di kandang sendiri, setelah peralihan pelatih.

Tony Ho sendiri, sebenarnya bukan menjabat sebagai pelatih kepala, namun dirinya berdiri di depan bench pemain sebagai pengganti sementara Amilton Silva de Olivera, yang dalam empat pertandingan belum bisa menangani tim secara langsung, karena terkendala KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap).

Meski menang saat bertandang ke Medan, namun raihan mengecewakan di dua laga kandang tanpa kemenangan, dan hasil seri ketika melawat ke Serui, membuat Tony Ho banjir kritikan di media sosial.

Mantan pelatih Persebaya itu pun lantas menanggapi secara dingin kritikan dari publik pecinta Persipura yang ditujukkan kepada dirinya.

"Apa yang mereka katakan karena tidak mengerti dengan posisi saya dalam tim ini. Mungkin mereka sangka saya kepala pelatih, padahal saya sementara berdiri di depan bench di karenakan soal lisensi," ungkapnya, saat dihubungi via seluler, Minggu (29/07/18).

Faktor itulah yang lantas dicontohkannya ketika menjadi tandem Angel Alfredo Vera saat menukangi Persipura di kompetisi mandiri, Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

"Sama juga di tahun 2016 ketika ISC saya bersama Alfredo mengantarkan Persipura juara. Pada saat itu saya juga menjabat sebagai asisten seperti saat ini," ujarnya.

"Ketika kursus Pro Diploma di Yogyakarta setelah Coach Peter (Butler) di berhentikan, saya ditawari manajemen untuk take over jabatan pelatih kepala, tapi saya tolak karena saya harus fokus total," tambahnya.

Ia pun mengungkapkan, karena ketidaksiapannya itu maka manajemen mendatangkan Osvaldo Lessa, disusul Amilton Silva sebagai pengganti Peter Butler. Namun keduanya hanya bisa mendampingi tim disaat berlatih, lantaran belum mengantongi KITAS. Tak ada pilihan lain, dirinya pun ditunjuk untuk mendampingi tim di depan bench.

"Karena sertifikat saya memenuhi persyaratan, maka sesuai aturan saya yang bisa tampil di bench. Kalau tidak ada yang tampil sesuai persyaratan, maka persipura bisa kena denda," tandasnya.

Kini, sebelum laga Persipura kontra Persela di Lamongan, Minggu (29/07/18). Amilton Silva disinyalir sudah bisa menjalani debutnya setelah mengantongi izin. Praktis, Tony Ho bakal kembali bergeser ke posisi utamanya sebagai asisten pelatih.

1