Liga Inggris

Gara-gara Kutu, Eks Man United Mengidap Penyakit Berbahaya

Jumat, 3 Agustus 2018 19:21 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© The Sun
Karel Poborsky mengidap penyakit Lyme Copyright: © The Sun
Karel Poborsky mengidap penyakit Lyme

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Manchester United, Karel Poborsky, mengidap penyakit Lyme setelah wajahnya terinfeksi parasit berbahaya.

Bintang piala Eropa 1996 itu harus rela mencukur jenggot hipsternya karena kutu yang ada di jenggotnya menyebabkan infeksi yang buruk, dilansir dari laman olahraga Sun Sport.

Penyakit Lyme membuat Poborsky harus dirawat di rumah sakit setempat dan diberikan antibiotik untuk membasmi parasit jahat. Lyme menyebabkan pipi kirinya lumpuh saat ia memulai rehabilitasinya.

Mantan legenda Old Trafford bukanlah satu-satunya olahragawan yang mengidap penyakit Lyme. Mantan kapten rugby Inggris, Matt Dawson, harus menjalani operasi jantung setelah digigit oleh kutu saat berjalan-jalan di Inggris.

Serta bintang Hollywood terkenal termasuk Ben Stiller dan Richard Gere telah terkena infeksi parasit tersebut dan menyebabkan kondisi kesehatannya memburuk selama bertahun-tahun.

Penyakit Lyme sendiri merupakan infeksi bakteri yang disebarkan ke manusia oleh kutu. Tanda infeksi yang paling umum adalah ruam kulit merah melingkar di sekitar gigitan kutu.

Tetapi tidak semua orang mengalami ruam, efek samping lain termasuk demam tinggi, sakit kepala, otot dan nyeri sendi, serta rasa lelah yang berlebihan

Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk diminum berbulan-bulan demi melawan penyakit ini, tetapi beberapa penderita bisa mengalami bertahun-tahun menderita gejala penyakit Lyme.

Petinju Pelatnas Asian Games, Valentinus Nahak, Tutup Usia

Terus ikuti berita terbaru sepak bola dan berita olahraga lain di INDOSPORT