Bola Internasional

Reaksi Menpora soal Malaysia yang Ingin Indonesia Dihukum karena Nyanyian Rasis di Piala AFF U-16

Jumat, 3 Agustus 2018 13:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi pantau pemusatan latihan Timnas Basket Indonesia. Copyright: © Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi pantau pemusatan latihan Timnas Basket Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, akhirnya angkat bicara mengenai respon tim sepak bola Malaysia. Tim Negeri Jiran menginginkan Indonesia dihukum akibat tindakan suporter yang mengintimidasi skuat sepak bola Timnas Malaysia U-16 saat laga Malaysia vs Thailand di gelaran Piala AFF U-16 di Sidoarjo.

Pasalnya, belum lama ini, Menpora Malaysia, Syed Saddiq, mendesak federasi sepak bola negaranya untuk melaporkan tindakan suporter Indonesia ke pihak AFF agar ada sanksi yang setimpal. Sebab, Malaysia pernah dihukum ketika suporternya melakukan hinaan serupa kepada Brunei dan Singapura.

Akan tetapi, Imam Nahrawi menilai sikap Malaysia tersebut terlalu berlebihan. Pasalnya Indonesia pernah mendapat perlakuan yang sama pada SEA Games 2017, namun ditanggapi dengan santai. Ia hanya mengatakan semua kontroversi yang terjadi saat ini tentu ada penyebabnya.

"Waktu saya datang ke SEA Games Kuala Lumpur saya juga dengar kok teriakan kasar kepada kita, videonya ada. Tapi, kita gak mundur tetap maju, ngapain mundur tinggal sekarang kalau mereka mengadu ke AFF, AFC dan FIFA suruh tengok semuanya yang kemarin-kemarin apakah sudah ditindak tegas atau tidak," ucap Menteri yang akrab disapa Cak Imam itu.

"Yang ada pemain U-16  Malaysia yang membalikan bendera kita, harus adil juga mereka menyikapi ini," tambah Imam.

© langitsatu.com
Timnas U-16 Malaysia Copyright: langitsatu.comTimnas U-16 Malaysia

Sebelumnya, Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, mengatakan pihaknya akan mengirim anggota Exco FAM, Mohd Dali Wahid ke Indonesia untuk mengevaluasi keselamatan skuat timnas Malaysia U-16. Jika Dali Wahid menganggap federasi bola Indonesia alias PSSI dan juga AFF tidak serius memberikan pengamanan untuk Malaysia U-16, FAM berpeluang menarik skuat Malaysia U-16.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT

1.4K