Liga Indonesia

Pelatih Skotlandia Ini Kritik Inkonsistensi Wasit Liga 1 Indonesia

Jumat, 3 Agustus 2018 10:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Persib Bandung
Patrich Wanggai dan Ardi Idrus akan merayakan gol dengan Mario Gomez. Copyright: © Persib Bandung
Patrich Wanggai dan Ardi Idrus akan merayakan gol dengan Mario Gomez.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, secara terbuka menyatakan keluhan dan ketidakpuasan atas kinerja wasit yang memimpin laga Liga 1 2018. Menurutnya, perangkat pertandingan sepak bola di Indonesia saat ini tidak selalu tepat dalam membuat keputusan alias inkonsisten.

"Saya berharap wasit konsisten entah itu performanya buruk atau bagus dalam satu pertandingan. Contohnya PS Tira vs Persib, Bauman dilanggar di kotak penalti pada babak pertama dan tidak memberikan penalti. Akhir babak kedua tiba-tiba terjadi penalti," ujar Simon.

Buntut dari inkonsisten keputusan wasit di Liga 1 tersebut, Simon menyatakan jika pemain, pelatih hingga suporter dibuat frustrasi. Pria asal Skotlandia itu berharap wasit bisa belajar dari kesalahan sehingga ke depan tidak lagi membuat keputusan-keputusan yang membingungkan banyak pihak.

"Itu yang kadang membuat pelatih, pemain dan suporter frustrasi karena di satu sisi ada inkonsisitensi wasit. Saya ingin wasit konsisten karena jika berubah-ubah membuat bingung," tutupnya.

Di sisi lain, federasi sepak bola Indonesia atau PSSI belum lama ini menjelaskan akan ada perombakan dalam susunan komite wasit. Hal iti diutarakan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Ia mengatakan bahwa hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut evaluasi paruh musim Liga 1 yang dilakukan pekan lalu. Dan, diharapkan hal itu juga bisa berimbas pada pilihan akan kualitas wasit yang bertugas.

"Evaluasi kami dilakukan saat bergulirnya Asian Games mendatang. Di saat itu kompetisi Liga 1 sedang libur. Mulai dari evaluasi hingga restrukturisasi (personalia) di Komisi Disiplin dan Komite Wasit” kata Jokdri.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT