Bola Internasional

Mengejutkan, Keisuke Honda Jadi Pelatih Negara Ini untuk Piala AFF 2018

Minggu, 12 Agustus 2018 12:30 WIB
Penulis: Dananto Riski | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Timnas Jepang, Keisuke Honda akan menjadi pelatih yang mewakili sebuah negara. Honda telah resmi ditunjuk Federasi Sepak Bola Kamboja untuk menjadi pelatih timnas Kamboja. Acara pelantikan pun diadakan di Le Royal Hotel pada pagi tadi, (12/8/18).

Kehadiran Honda di Kamboja salah satunya adalah ambisi untuk memproyeksi Kamboja menjadi juara pada kejuaraan Piala AFF bulan November mendatang. Kelak, kemampuan Honda menjadi pelatih akan diuji saat Kamboja berada di Grup A yang akan menghadapi Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Menurutnya, menjadi pelatih untuk Kamboja bukanlah semata-mata karena uang. Secara jujur, Honda memimpin tim Kamboja karena dedikasi dan sukarela.

Dilansir dari laman thmeythmey, pria asal negeri sakura itu tidak akan bisa melatih Timnas Kamboja secara penuh.

Pasalnya, pada pembukaan liga awal 2018 ini, gelandang tengah Jepang itu dikontrak selama satu musim oleh klub asal Australia, Melbourne Victory. 

Lantaran masih menjadi skuat Melbourne Victory, ia akan mengatur jadwal yang tepat guna membagi waktu antara menjadi pemain sekaligus pelatih. Secara teknis Honda akan memberikan pengarahan melalui video conference setiap satu minggu sekali bersama tim Kamboja.

Karier Honda memang cukup cemerlang. Sejak 2008 ia telah memainkan 90 pertandingan untuk tim nasional Jepang. Puncak prestasinya terukir saat ia mampu membawa Jepang menjadi juara dalam kompetisi Piala Asia AFC 2011.

Pria 32 tahun itu memang memiliki talenta lebih, ia memiliki rekor sebagai satu-satunya pemain Jepang yang mencetak gol dalam tiga Piala Dunia beruntun. 

Jadwal Timnas Indonesia di Asian Games 2018

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 dan Lainnya Hanya di INDOSPORT.
 

1