Liga Indonesia

Ulang Tahun, Arema Indonesia Siap Menggugat PSSI

Kamis, 16 Agustus 2018 09:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© VIVA Lucky Aditya
Pemain Arema Indonesia dan Aremania melakukan perayaan HUT ke 31 di Stadion Gaja. Copyright: © VIVA Lucky Aditya
Pemain Arema Indonesia dan Aremania melakukan perayaan HUT ke 31 di Stadion Gaja.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola sarat sejarah dari kasta ketiga Liga Indonesia, Arema Indonesia, baru-baru ini merayakan hari ulang tahunnya yang ke-31.

Klub yang kini bermain di Liga 3 itu memperingatinya dengan menggelar laga persahabatan kontra Malang Selection, di Stadion Gajayana, Malang, pada hari Minggu (12/08/18) lalu. 

Laga tersebut dihiasi beberapa nama pemain yang dulu pernah membela Arema di era IPL, seperti Putut Waringin Jati, dan Jaya Teguh Angga. Dipadati oleh sekitar 5.000 penonton, laga tersebut harus berkahir imbang 1-1.

Selain soal laga persahabatan, perayaan ulang tahun ini juga dijadikan ajang oleh Arema untuk melakukan protes kepada PSSI.

Pihak Arema merasa PSSI tidak adil dengan menurunkan tim berjuluk Singo Edan tersebut ke kasta bawah, yakni ke Liga 3.

Legal Officer Arema Indonesia, Erpin Yuliono, mengungkapkan bahwa Arema masih punya saham sebanyak 7 persen di PT Liga.

Hal itu membuat Arema punya hak untuk bermain di kasta tertinggi Liga 1. Arema pun berencana akan melayangkan somasi kepada PSSI untuk menuntut haknya itu. 

"Kita masih punya saham sebanyak 7 persen di PT Liga yang menaungi kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Sejak dari ISL, bahkan setelah berpindah ke IPL, Arema selalu mengikuti kompetisi resmi PSSI. Lalu, dimana slot kita, kenapa kita berada di Liga 3, bukan di liga profesional," ujar Erpin seperti dilansir viva.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Spanduk Arema Indonesia. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSpanduk Arema Indonesia.

Erpin menambahkan, bahwa Arema sudah 37 kali melakukan gugatan ke PSSI namun tak pernah digubris. Jika tuntutan Arema kali ini tak ditanggapi PSSI lagi, mereka akan melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Jika somasi tidak di tanggapi kita akan lakukan gugatan di PN Jakarta Selatan. Kebetulan Kantor PSSI berada di wilayah Jakarta Selatan. Sebenarnya, kita sudah kirim surat protes sebanyak 37 kali sebelum Kongres Bandung," ujar Erpin.

Arema sendiri merupakan klub yang berdiri pada pada 11 Agustus 1987 silam. Kini, ada dua tim yang menggunakan nama Arema, yakni Arema FC di Liga 1, dan Arema Indonesia di Liga 3. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT