Liga Indonesia

Taklukkan Korea Selatan, Malaysia U-23 Pastikan Tiket ke 16 Besar

Jumat, 17 Agustus 2018 20:55 WIB
Editor: Gerry Crisandy
© Getty Images
Timnas Malaysia U-23 untuk Asian Games 2018 Copyright: © Getty Images
Timnas Malaysia U-23 untuk Asian Games 2018

INDOSPORT.COM - Saat babak penyisihan grup cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 berada dalam masa undian, banyak yang menyangka Timnas Malaysia U-23 akan mengalami masa yang sulit.

Bagaimana tidak, Harimau Muda Malaya berada di Grup E bersama Kyrgyzstan, Bahrain, dan kandidat utama peraih medali emas, Korea Selatan.

Dua pertandingan bergulir, Malaysia justru berada di puncak klasemen dengan poin sempurna, enam poin dari dua pertandingan, setelah berhasil menundukkan Korea Selatan U-23, dengan skor akhir 2-1.

Di pertandingan melawan raksasa sepakbola Asia ini, Malaysia harus berterima kasih pada penyerangnya, Safawi Rasid. Pemain 21 tahun yang bermain untuk Johor Darul Ta'zim ini mencetak dua gol, masing-masing di menit ke-5 dan 45.

Di babak kedua, Korea Selatan memasukkan pemain utamanya, bintang Tottenham Hotspur, Heung Min Son di menit 57, untuk mengejar ketertinggalan.

Hasilnya, di menit 88, Ui Jo Hwang mencetak gol dan memperkecil jarak antara kedua kubu. Sayangnya bagi Korea Selatan, mereka tak mampu bersaing dengan waktu dan harus mengakui keunggulan Malaysia.

Kemenangan ini memantapkan langkah Malaysia yang memastikan satu tiket ke fase gugur sepak bola Asian Games 2018. Sementara bagi Korea Selatan, hasil ini membuat mereka turun ke peringkat kedua klasemen, dengan tiga poin dari dua laga.

Di pertandingan terakhir, Malaysia akan menghadapi Bahrain, sementara Korea Selatan akan dipertemukan dengan Kyrgyzstan.

17