1 Kesempatan Son untuk Hindari Wamil, Bila Gagal di Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 07:20 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© yohapnews
Song Heung-min Sudah Berada di Indonesia untuk membela Korsel Asian Games 2018 cabor sepak bola. Copyright: © yohapnews
Song Heung-min Sudah Berada di Indonesia untuk membela Korsel Asian Games 2018 cabor sepak bola.

INDOSPORT.COM – Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mengembang misi berat di Asian Games 2018. Jika ia gagal membawa tim cabor sepak bola Korea Selatan meraih medali, Son harus mengikuti wajib militer (wamil).

Seperti yang kita ketahui, Tim Korsel U-23 baru saja menelan kekalahan mengejutkan dari Malaysia U-23 di cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 Grup E dengan skor 1-2.

Hal itu membuat langkah Korsel untuk lolos dari fase grup E cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 kian terancam, karena berada di posisi dua klasemen dengan raihan tiga poin, terpaut dua poin dari Kirgistan yang berada di tempat ketiga dengan raihan satu poin.

Dilansir Balls, di Korea Selatan setiap laki-laki dewasa berusia 18 hingga 35 tahun diharuskan mengikuti wajib militer selama 21 bulan. Namun, ada pengecualian bagi para atlet yang berprestasi di ajang tingkat dunia.

Sebagai contoh, pesepak bola Liga Inggris, Ki Sung Yeung dan Park Chu-young. Mereka tak mengikuti wajib militer setelah berhasil membawa Korea Selatan meraih medali perunggu di Olimpiade London 2012.

Gelandang Manchester United, Park Ji-sung pun demikian. Ia terhindar dari wamil setelah mengantar Korea Selatan melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2002 yang digelar di Korsel-Jepang.

Pengecualian inilaah yang membuat Tottenham Hotspur rela melepas Son untuk membela negaranya di Asian Games 2018. Spurs tak rela jika harus kehilangan Son untuk mengikuti wamil selama hampir dua tahun.

Son, dkk. juga sebenarnya bisa terhindar dari wamil jika Korsel mampu meraih apik di Piala Dunia 2018. Tapi, Korsel bahkan tak lolos dari fase grup meski berhasil mengalahkan juara bertahan, Jerman.

Jika di Asian Games 2018 ini Son kembali gagal, ia masih mempunyai kesempatan untuk terhindar dari wamil. Son harus berhasil membawa Korsel berjaya di Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo. 

Namun, mengingat usia Son yang sudah menapaki angka 26, kesempatan tersebut nampaknya akan menjadi kesempatan terakhirnya.

Klasemen Sementara Sepak Bola Grup A Asian Games 2018

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Sport dan Bola Indonesia hanya di INDOSPORT.COM

560